1904 Siswa Ramaikan O2SN 2017 di Medan

PRESCON DISDIKSU 4KANALMEDAN – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Arsyad Lubis menyatakan kesiapannya selaku tuan rumah Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2017. Persiapan menjelang perhelatan yang berlangsung 3 hingga 9 September ini sudah mencapai 90 persen.

“Untuk persiapan pelaksanaan O2SN 2017 Tingkat Nasional 3-8 September di Kota Medan ini, kita bekerjasama dengan pihak ketiga. Mulai dari transportasi, konsumsi, seremoni dan lainnya. Dan kekurangannya dilengkapi pihak daerah, seperti bidang kesehatan dan penginapan,”ujar Arsyad didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Illyas Sitorus pada temu pers yang berlangsung di Medan, Kamis (31/8/2017).

Meski sebagai tuan rumah, namun Sumut hanya menurunkan 49 peserta dalam kontingen ini. Apakah Sumut mampu menjadi juara umum? “Selaku tuan rumah kita pasti menargetkan juara umum, meski peserta yang diturunkan hanya 49 orang,”ujar Arsyad saat wartawan menyoalkan sedikitnya peserta dari Sumut.

Dalam temu pers, Arsyad memaparkan, O2SN 2017 di Kota Medan akan diikuti 34 propinsi dengan jumlah peserta 1904 siswa, dengan rincian 408 peserta SD, 340 peserta SMP, 544 peserta SMA dan 306 peserta pendidikan khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKLK). “Seluruh peserta lomba dalam O2SN 2017 merupakan pemenang O2SN pada tingkat provinsi yang merupakan siswa siswi sekolah negeri dan swasta. Diperkirakan sedikitnya 4.543 orang akan terlibat dalam event O2SN 2017 yang terdiri dari peserta lomba, official, pendamping, pembina, juri/wasit, panitia pusat dan daerah,”jelasnya.

Kegiatan lomba ini bertemakan “Membangun Generasi Tangguh Menjunjung Sportivitas” dan tersebar di berbagai lokasi yang dipusatkan di GOR Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar. Beberapa cabang olahraga yang diperlombakan yaitu, atletik, renang, senam, bulutangkis, pencak silat, karate, catur, bocce, dan balap kursi roda.

Arsyad memprediksikan, 2 September ini kontingen peserta lomba dipastikan sudah masuk ke Kota Medan melalui Bandara Kualanamu. Seluruh peserta akan disambut oleh panitia penyelenggara dan mengarahkan serta mengantar setiap kontingen ke sekretariat masing-masing jenjang pendidikan.

“Seluruh informasi lomba dapat diakses melalui website www.o2snsumutpaten2017.com maupun data centre yang akan dibuka di Hotel Polonia,”ujar Arsyad menambahkan, sebelum seluruh peserta lomba kembali ke daerah masing-masing, panitia lokal provinsi Sumut akan memperkenalkan potensi pariwisata daerah dengan membawa peserta ke Istana Maimun, Museum Negeri Medan, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery dan Theme Park.(Hms)

Print Friendly