Wali Kota Ingin LPM Dukung Percepatan Kesejahteraan Masyarakat

LPMKANALMEDAN – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap agar  Lembaga  Pemberdayaan  Masyarakat (LPM)  semakin memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat.  Sebab,  tujuan umum dibentuknya lembaga ini untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Harapan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Kota Medan periode 2016-20121 di Gedung Dharma Wanita  Jalan Rotan Medan, Kamis (24/8). Sebanyak 61 orang pengurus akan menjalankan lembaga  yang dibentuk atas prakarsa  masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi masyarakat.

Menurut Wali Kota, partisipasi masyarakat yang akan dikembangkan melalui LPM ini mencakup aktifitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan, terutama di tingkat kelurahan.  Oleh karenanya Wali Kota berpesan agar lembaga ini dapat menampung seluruh aspirasi  di tengah-tengah masyarakat guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Pria berdarah Melayu dan Mandailing ini selanjutnya menjelaskan, tugas lembaga yang dulunya bernama Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)        yakni menyusun rencana pembangunan yang partisipatif. Kemudian menggerakkan swadaya gotong royong serta melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.(HMS)

Print Friendly