Detik-detik Proklamasi di Lapangan Merdeka Medan Khitmad

detikdetik1KANALMEDAN – Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (17/08/2017) berlangsung khidmat. Gubernur Sumatera Utara bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Usai memanjatkan doa, naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman. Anggota Paskibraka yang diamanahkan untuk mengibarkan bendara Merah Putih menjalankan tugas dengan baik dan lancar.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry membuka baki dan menyerahkan Sang Saka Merah Putih kepada Miza Salsabila, siswi SMAN 1 Kuala, Kabupaten Langkat untuk dikibarkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Komandan Paskibraka, Octavianus Dimas Surya Putra asal SMAN 1 Kota Binjai. Sedangkan tiga anggota Paskibraka pengibar bendera masing-masing Muhammad Ikhsan Fadly merupakan siswa SMAN 1 Batang Onang, Padang Lawas Utara, Raden Ahmad Wisanto siswa SMAN 1 Hinai, Langkat dan Caesar Dewa Morgan Silalahi siswa SMAN Plus Evarina, Simalungun.

Dalam pidatonya, Gubsu Erry Gubernur Sumatera Utara menilai hari ulang tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum yang efektif untuk meningkatkan pembangunan masyarakat Sumatera Utara melalui semangat kebersamaan. Hal ini sesuai dengan tema Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI ‘Indonesia Kerja Bersama’.

“Tema ini tidak boleh hanya menjadi slogan semata. Melainkan harus sungguh-sungguh dilaksanakan dengan cara kebersamaan dan gotong royong dalam pembangunan Indonesia,” tandas Erry.

Dikatakan Erry, Presiden RI Joko Widodo telah menegaskan bahwa peringatan 72 tahun kemerdekaan adalah sebuah pengingat dan penanda bagi bangsa Indonesia untuk kembali bersama-sama dalam perbedaan  dalam semangat kebersamaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat.

Semangat ini untuk merangkul dan mengedepankan asa kebersamaan. Kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

“Semangat Proklamasi Indonesia yang dikumandangkan oleh sang Proklamator Soekarno/Hatta harus mampu menjadi daya pengungkit dan daya dorong yang tangguh bagi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya membangun bangsa ini,”ujar Erry lagi.

Hadir dalam peringatan detik-detik Proklamasi tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kajati Sumut Bambang Sugeng Roekmono, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara, Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Ketua PKK Sumut Evi Diana Br Sitorus, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pangkosek Hanudnas III Medan, Kepala BNNP Sumut, Danlantamal I Belawan, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut, Kajari Medan, sejumlah anggota DPRD Sumut dan Medan, FKPD Sumut dan Medan, SKPD Sumut dan Medan, prajurit TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, pemuda, ulama, tokoh, para veteran serta ribuan masyarakat.(hms)

Print Friendly