Baskami Ginting : Pidato Jokowi Mengandung Semangat Optimisme

Baskami Ginting
Baskami Ginting

KANALMEDAN – Anggota DPRD Sumut Baskami Ginting menilai, pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam rangka HUT ke 72 Kemerdekaan RI  pada sidang bersama DPR RI dan DPD-RI , mengandung semangat optimisme.

“Dari pidato Presiden tersebut, kita memperoleh gambaran yang jelas tentang  berbagai hal yang sedang dihadapi bangsa ini dan agenda yang akan dilakukan pemerintah”, katanya menjawab Kanalmedan.Com seusai mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI  disiarkan langsung  melalui TVRI di gedung dewan, Rabu (16/ 08/2017)..

Politisi PDI Perjuangan yang Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumut ini  menilai, pidato Presiden Jokowi mengandung  ajakan untuk optimis. Sehingga diharapkan akan membangkitkan motivasi bagi seluruh warga negara.

Dalam satu hari ini, DPRD Sumut mendengar pidato Presiden Jokowi sebanyak dua kali, yang disiarkan langsung melalui TVRI. Pidato pertama dalam rangka HUT ke 72 Kemerdekaan  RI. Sedangkan yang kedua, dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2018 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2017 – 2018.

Menurut Baskami Ginting, dari pidato kenegaraan pertama maupun pidato kenegaraan kedua, Presiden Jokowi  memaparkan dengan gamblang tentang  apa yang akan dilakukan pemerintah,mulai dari masalah  anggaran, kebhinnekaan dan fokus pembangunan sektor infrastruktur.

“Dari pidato tersebut, kita melihat betapa penting sinergi antara program pusat dan program pemerintah di daerah. Dengan sinergi itu, program-program pembangunan diharapkan lebih tepat sasaran dan tepat waktu”, katanya.

Menurut Baskami Ginting, Presiden Jokowi dalam pidatonya juga  begitu ingin merajud persatuan dan kesatuan .

Antara lain tercermin dari pidatonya, yang mengajak para pimpinan dan anggota lembaga negara untuk terus bersinergi, untuk terus mendengar kritik masyarakat, dan terus memperbaiki diri agar lembaga kita semakin dipercaya oleh rakyat.

Sementara Presiden Jokowi sendiri, dalam pidatonya yang ditonton rakyat secara langsung melalui siran langsung TVRI, antara lain juga mengajak semua pihak, menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai inspirasi kita untuk memenangkan persaingan, untuk memenangkan kemanusiaan, untuk meraih kemajuan bersama menuju Indonesia yang maju.(Jen)

Print Friendly