Meriahkan HUT ke 72 RI, Polda Sumut Gelar Lomba Foto

Banner-poldasu

KANALMEDAN – Guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT – RI) ke – 72 tahun 2017, Kepolisian Daerah Sumatera Utara menggelar lomba foto memperebutkan piala Kepala Kepolsian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjend Pol Paulus Waterpauw.

Lomba karya foto bertemakan ‘Polisiku Bekerja Dengan Hati’ ini terbuka untuk umum dengan total hadiah sebesar 20 juta rupiah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid – Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting melalui Kaur Liputan dan Produk, Kompol Joni Siahaan yang menjadi panitia dalam lomba foto tersebut mengatakan lomba tersebut gratis dan terbuka untuk umum baik masyarakat maupun anggota Polri.

“Pendaftaran akan berakhir tanggal 11 Agustus nanti. Para peserta dapat mengikutsertakan karya fotonya yang diambil dengan menggunakan segala jenis kamera digital maupun kamera handphone yang memiliki kualitas dan resolusi yang baik,” kata Joni, Selasa, (8/8/2017).

Joni menerangkan, bagi warga masyarakat yang berminat mengikuti lomba tersebut, bisa mengirimkan hasil karyanya ke kantor Bidang Humas markas Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Nomor. 60 Medan.

“Hasil karya foto tersebut dicetak dengan ukuran 20R dan softcopy dalam bentuk CD/DVD dengan memberikan keterangan nama peserta, judul foto, lokasi dan waktu pengambilan foto di tempat terpisah,” terangnya.

Selain itu, Kompol Joni menambahkan, pengambilan foto dilakukan sepanjang tahun 2017 ini dan merupakan milik sendiri bukan karya orang lain serta belum pernah diperlombakan.

“Waktu pengambilan foto ditentukan sepanjang 2017 ini. Itu merupakan salah satu persyaratannya,” tambahnya.

Joni mengungkapkan, penilaian foto akan berlangsung pada tanggal 14 hingga 15 Agustus 2017 oleh Dewan Juri yang terdiri dari Ketua Pewarta Foto Indonesia, beberapa fotografer senior, dan fotografer harian terkemuka serta panitia dari Bid Humas.

“Pengumuman pemenang dapat dilihat di media sosial facebook Humas Polda Sumut, Instagram Polda Sumatera Utara pada tanggal 17 Agustus nanti,” ungkap Joni.

Untuk para pemenang, Joni menjelaskan, akan mendapat hadiah uang tunai, trophy dan piagam . “Juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 7.500.000, Juara II mendapatkan Rp. 5.000.000, Juara III mendapatkan Rp. 3.000.000 sementara Juara harapan I mendapatkan Rp. 2.000.000, Juara Harapan II medapatkan Rp. 1.500.000 dan terakhir juara Harapan III mendapatkan Rp. 1000.000,” kata Joni menjelaskan.

Kompol Joni menuturkan, hasil karya pemenang juga nantinya akan dipajang dan dipamerkan di Aula Lobby Adhi Pradhana, Lantai I Mapolda Sumut.

Oleh karena itu, ia menekankan tema foto harus berhubungan dengan kegiatan Polisi yang bersifat humanis dan menyentuh langsung dengan masyarakat.

“Hasil karya foto sendiri nantinya akan menjadi hak milik panitia dengan hak cipta tetap melekat pada fotografer.Keputusan juri bersifat mutlak, sah dan tidak dapat diganggu gugat,” tegasnya.

Pada bagian akhir, Joni mengajak warga masyarakata yang berminat mengikuti lomba untuk mendaftarkan dirinya.

“Ayo, bagi para pecinta fotografi dan peminat lomba, segera daftarkan diri anda. Tunjukkan karyamu dengan mengirimkan hasil foto kegiatan Polisi yang terbaik dan humanis dengan masyarakat,” ajaknya. (Adek)

Print Friendly