Tokk…Program TMMD Kodim 0201/BS Dimulai, 1 SSK Diterjunkan Ke Sicanang

Sicanang: Genderang Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 dimulai. Sebanyak satu SSK (satuan setingkat kompi) prajurit TNI telah tiba di lokasi Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa (4/7/2017) sore.

Prajurit TNI yang terdiri dari Kodim 0201/BS, dan gabungan beberapa batalyon di jajaran Kodam I/BB ini akan melakukan tugas pembangunan fisik dan non fisik di seputaran wilayah Kecamatan Medan Belawan, tepatnya di Kelurahan Belawan Sicanang hingga 2 Agustus 2017 mendatang.

Menurut Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-99 Kodim 0201/BS, Kolonel Inf Bambang Herqutanto, selama berada di lokasi (Kelurahan Belawan Sicanang), seluruh prajurit yang berjumlah sekitar 100 personel itu akan menginap di rumah-rumah penduduk.

“Strateginya memang seperti itu, yakni untuk lebih mendekatkan TNI dengan rakyat. Apalagi hal itu sesuai dengan semboyan TNI selama ini, yakni ‘Bersama Rakyat, TNI Kuat’,” urai Kolonel Inf Bambang.

Selama menginap dan berbaur dengan warga masyarakat di Kelurahan Belawan Sicanang, seluruh personel TNI ini telah dibekali uang saku mau pun uang makan. Hal ini dimaksudkan agar kehadiran prajurit di rumah-rumah warga tidak menambah beban ekonomi, tapi sebaliknya malah justru bisa meringankan beban ekonomi keluarga yang ditempati sementara.

Jadi, satu SSK itu memang wajib menginap di rumah-rumah penduduk. Ini dimaksudkan agar terjadi pembauran antara prajurit TNI dengan warga masyarakat. Dan dengan kehadiran prajurit TNI sebanyak satu SSK itu, maka diharapkan warga yang ditumpangi rumahnya akan ikut terbantu perekonomiannya. Misalnya, kalau selama ini warga  itu hanya makan tahu dan tempe, tapi setelah hadirnya prajurit TNI bisa memakan lauk yang lebih baik dan beragam, seperti daging atau sejenisnya,” beber Dandim 0201/BS Medan ini.

Print Friendly

About The Author

Related posts