Rabu Malam Sampai Kamis Subuh, 20 Tiang Reklame Ilegal Dibongkar

Penertiban Reklami di jl Rm (1)

KANALMEDAN – Tim Terpadu Penertiban, Penindakan dan Pembongkaran  Papan Reklame Pemko Medan kembali melanjutkan  pembongkaran terhadap papan reklame ilegal, Rabu (12/7/2017) malam.

Penertiban yang berlangsung hingga Kamis (13/7) nihari itu masih difokuskan di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan. Sebanyak 20 unit tiang reklame  yang didirikan di median jalan dibongkar karena  tidak memiliki izin.

Pasca Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Tim Terpadu Penertiban, Penindakan dan Pembongkaran  Papan Reklame Pemko Medan yang dikoordiir Satpol PP Kota Medan telah melakukan penertiban selama 3 hari, terhitung Selasa (11/7). Selama tiga hari penertiban, dua hari dilakukan siang hari, tim telah membongkar 40 papan reklame berukuran kecil dan sedang di sepanjang jalan Sisingamangaraja.

Di hari ketiga kemarin, tim fokus membongkar tiang reklame yang didirikan di media jalan. Pembongkaran yang dipimpin Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan ini langsung dipantau Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi. Wakil Wali Kota menyaksikan satu persatu tiang reklame milik salah satu provider telepon seluler ternama itu dibongkar.

Selain menggunakan mesin las, pembongkaran didukung 1 unit mobil tangga milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan serta 1 unit mobil crane miik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan. Pembongkaran dilakukan mulai pukul 22.00 WIB setelah reda hujan deras.

Sebelum membongkar tiang reklame, salah seorang tim lebih dahulu memutuskan aliran listrik yang mengaliri tiang reklame. Setelah itu tiang reklame diikat dnegan menggunakan tali dan ditahan pengait mobil crane. Kemudian salah seorang tim menggunakan mesin las memotong tiang reklame hingga kandas dengan median jalan. Hal itu sengaja dilakukan agar pemilik papan reklame tidak dapat mendirikan tiang reklame kembali.

Usai ‘dipotong’ mesin las, mlobil crane pun perlahan-lahan menarik tiang reklame hingga terlepas dari media jalan. Selanjutnya tiang reklame diturunkan perlahan-lahan untuk selanjutnya diletakkan di atas truk milik Satpol PP. Ketiak proses pembongkaran ini berlangsung, Akhyar berulangkali memberikan instruksi agar pembongkaran yang dilakukan berjalan efektif dan cepat.(Jen)

Print Friendly