Program TMMD Bangkitkan Kembali Semangat Ibu Arsanah

Medan – Bertahun-tahun Arsanah tinggal sendiri di ujung Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang. Wanita berusia 43 tahun ini merasa seperti tinggal di sebuah kampung yang terisolir.

Sebab, untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari saja, ia harus rela jalan kaki berkilo-kilo meter dengan rintangan banjir pasang air laut, untuk mencapai warung.

Kendati demikian, janda tanpa anak ini tampak riang dan tanpa beban menjalani sisa hidupnya walau diselimuti rasa pesimis dengan kondisi kesendiriannya.

Dengan tingkat ekonomi yang sangat buruk, membuat pemburu lokan dengan penghasilan hanya Rp 120 ribu perbulan ini, hanya berharap mukjizat Tuhan atas nasibnya.

“Tiba-tiba datang bapak-bapak tentara, ramai datang ke rumah ini, bilang bahwa jalan ini mau dibangun dan akan tembus ke Marelan. Mereka minta izin, bahkan bapak-bapak itu juga janji akan membantu betulin rumah saya ini. Rasanya, mukjizat datang ke pangkuan saya,” tutur Arsanah dengan air mata berlinang ketika berbincang dengan Dewan Pembina Aliran Media Cyber Indonesia (AMCI), Yose Piliang dalam agenda kunjungan menyaksikan program TMMD ke 99 tahun 2017 yang sedang dilaksakanakan Kodim 0201/BS.

Kepada Yusniarti, nama sebenarnya Yose Piliang, wanita berhijab ini mengaku, udah 8 tahun tinggal sendiri di rumah berukuran 3 kali 6 berdinding papan dan beratap seng. Semua atap sengnya sudah rusak, dapurnya hancur dan untuk menutup dinding bagian atas yang sering diterpa air hujan, Arsanah menutupnya dengan spanduk-spanduk berdindingan tempelan kertas koran.

“Kalau hujan lebat, angin kencang, pindahlah saya ke sini karena masuk air dimana-mana. Sampai pagi tu payah saya tidur, takut rumahnya ambruk diterjang angin, saya saya bezikir sepanjang malam,” ujar Arsanah sambil menunjukkan sudut rumah tempat dia bisa berteduh saat hujan deras dengan ditemani Yose Piliang, yang berniat maju dalam Pilkada Gubernur Sumut 2018.

Arsanah adalah satu dari ribuan warga yang merasa sangat beruntung dengan kehadiran program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0201/BS di kawasan Sicanang Belawan.

Program TMMD tahun 2017 kali ini menyasar berbagai kegiatan, diantaranya Pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter × 5 meter di kampung Sentosa Timur lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan; Perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.

Pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan; Perehapan Masjid Taqwa di Jalan Tambak Lingkungan 12 Kelurahan Belawan Sicanang; Perehaban SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang.

Sudah berpuluh tahun, warga kawasan Sentosa Timur menjadi tumpahan saat air pasang. Dalam kondisi normal, air pasangan menggenangi kawasan itu dengan ketinggian antara 30 centi hingga 50 centimeter.

Dalam keadaan pasang besar, ketinggian air mencapai 1 meter. Jarak tempuh menuju ke kampung lainnya terbilang lumayan jauh. Tak heran, jika Arsanah dan beberapa warga miskin lainnya yang tak punya kenderaan, harus berjalan kaki walau hanya sekedar berbelanja kebutuhan pokok. Dengan pembangunan jalan, diharapkan kawasan ini tidak lagi terisolir dan mempercepat penguatan ekonomi. (rv-17)

Print Friendly