Kata Letkol Inf Edison : TMMD, Bentuk Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

Prajurit Kodim 0201/BS sedang memasang paving blok di halaman Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20, Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. (ist)
Prajurit Kodim 0201/BS sedang memasang paving blok di halaman Masjid Jamik, Kelurahan Belawan Sicanang.

KANALMEDAN – Wadansatgas TMMD ke-99 Kodim 0201/BS, Letkol Inf Edison menyatakan, dahulu budaya gotong royong menjadi sebuah warisan leluhur di Indonesia. Namun, seiring perkembangan zaman, budaya gotong-royong ini nyaris punah.

“Dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini, budaya gotong-royong itu dibangkitkan kembali, adanya program TMMD, Prajurit TNI AD siap bekerjasama dengan rakyat untuk membangun desa,” Letkol Inf Edison, Kamis (6/7/2017).

Dikatakan Letkol Inf Edison, saat ini Prajurit jajaran Kodim 0201/BS sedang menggiatkan program TMMD untuk wilayah Kodim 0201/BS di kawasan Belawan.

“TMMD suatu pengabdian panjang sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang telah berhasil mendukung percepatan pembangunan di pedesaan dan sekaligus merawat semangat kegotongroyongan bangsa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, disebutkan Edison, sekarang ini, Prajurit Kodim 0201/BS sedang melaksanakan beberapa pekerjaan untuk mendukung program pemerintah dalam TMMD ke 99 wilayah Kodim 0201/BS di beberapa kawasan yang ada di Kecamatan Medan Belawan, diantaranya merehab SDN 065010 Jalan Kampung Sentosa Barat Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang, pembukaan akses jalan jalan baru sepanjang 500 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang.

Kemudian, perbaikan jalan tanggul tambak sepanjang 370 meter x 5 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang, pembuatan jembatan sepanjang 14 meter x 3 meter di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 Kelurahan Belawan Sicanang, perehapan Masjid Jamik di Kampung Sentosa Timur Lingkungan 20 dan Masjid Taqwa Jalan Tambak Lingkungan 12 Kelurahan Belawan Sicanang.

Selain kegiatan fisik, TMMD ke 99 tahun 2017 Kodim 0201/BS, juga melaksanakan kegiatan non fisik yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan (wasbang) dan Bela Negara, penyuluhan kesehatan dan KB/Kesehatan dan penyuluhan bahaya narkoba serta Kamtibmas.

Sekedar diketahui, pada hari ketiga, pekerjaan TMMD ke 99 Kodim 0201/BS telah memasang Paving blok halaman SD 065010 dan pengecetan dinding pagar sekolah, merehan Mesjid Jamik dan pemasangan paving blok mesjid serta pembuatan rabat kamar mandi Masjid Taqwa.

“Prajurit TNI bersama masyarakat juga membuat badan jalan sepanjang 500 meter di lingkungan 20 Belawan Sicanang,” papar Wadansatgas TMMD ke-99 Kodim 0201/BS, Letkol Inf Edison. (Jen)

Print Friendly