Wali Kota dan Kapolrestabes Pantau Ketersediaan Bahan Pangan

SIDAK PASAR.Walikota Medan T Dzulmi Eldin melakukan sidak ke Pasar Muara Takus, Medan, Selasa (23/5). Sidak bersama Tim Satgas Pangan Kota Medan tersebut melihat langsung harga pasar jelang Ramadhan.
SIDAK : Walikota Medan T Dzulmi Eldin  sidak ke Pasar bersama Tim Satgas Pangan Kota Medan, guna melihat langsung harga pasar jelang Ramadhan.(Kanalmedan/Hms)

KANALMEDAN – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Kapolresta Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho bersama Tim Satgas Pangan Kota Medan  meninjau sejumlah pasar tradisionil maupun modern yang ada di Kota Medan, Senin (22/5/2017).

Selain stabilitas harga,  peninjauan ini juga dilakukan untuk mengetahui  ketersediaan bahan pangan di Kota Medan jelang datangnya bulan suci  Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Dari peninjauan yang dilakukan tersebut, jelang lima hari datangnya bulan puasa, harga bahan pokok di pasaran cenderung stabill.  Dari dua pasar tradisionil yang ditinjau yakni Pasar Muara Takus di Jalan Muara Takus dan Pasar Sei  Sikambing di Jalan  Gatot Subroto,  hanya beberapa pedagang yang berjualan di Pasar Muara Takus memanfaatkan momen datangnya bulan puasa ini  untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Salah seorang pedagang sayuran di pintu masuk  Pasar Muara Takus menjual bawang putih sebesar Rp.60.000/kg, sedangkan umumnya pedagang di tempat itu hanya menjualnya seharga Rp.45.000 sampai Rp.48.000/kg . Kemudian menyusul salah seorang pedagang ayam, dia menjual ayam broiller seharga Rp.32.000/kg, sementara harga jual pedagang ayam lainnya hanya Rp.28.000/kg.

Atas temuan ini, Wali Kota langsung memerintahkan pihak PD Pasar untuk melakukan pengawasan secara ketat agar  fluktuasi harga ini tidak terjadi di Pasar Muara Takus.  Kemudian minta kepada Tim Satgas Pangan untuk  turun tangan sehingga para pedagang tidak memanfaatkan momen datangnya bulan puasa untuk mencari keuntungan yang lebih besar.

“Mereka (pedagang)   ingin memainkan harga, sebab yakin masyarakat lagi butuh. Ini yang tidak boleh dilakukan. Kemudian Tim Satgas Pangan juga akan diturunkan untuk menelusuri soal bawang putih,” kata Wali Kota.

Selain mengecek stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, Wali kota juga minta kepada Dirut PD Pasar, Rusdi Sinuraya untuk memperhatikan kondisi Pasar Muara Takus.  Di samping masalah kebersihan,  kios-kios yang ada juga harus ditata kembali sehingga menjadi  lokasi jual beli yang   aman dan nyaman bagi pembeli maupun pedagang.

Wali Kota pun terlihat puas dengan hasil peninjauan yang dilakukan, sebab  sampai 5 hari jelang bulan puasa harga bahan pangan di Kota Medan masih stabil.

“Kita harapkan harga bahan pangan ini terus stabil sampai bulan puasa dan Hari  Raya Idul Fitri 1438 H. Untuk itu kita akan terus melakukan pengawasan, termasuk menurunkan Tim Satgas Pangan  setiap hari ke pasar-pasar maupun gudang-gudang penyimpanan bahan pangan yang ada di Kota Medan. Kita akan berupaya  agar harga tetap stabil, tidak terjadi penimbunan serta tersedianya bahan pangan,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho  berharap agar tidak ada spekulan-spekulan di Kota Medan yang coba-coba  memainkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

“Jika ditemukan ada tindak pidana dan pelanggaran, langsung kita tindak sesuai dengan aturan berlaku!” tegas Kapolrestabes Medan. (Jen)

Print Friendly