Wali Kota Lepas Tim Gowes Pesona Nusantara

Pelepasan

KANALMEDAN – Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi melepas peserta touring Gowes Pesona Nusantara 2017 di Jalan Pulau Pinang, Sabtu (20/5/2017).

Ribuan warga Kota Medan turut bersepeda mengiringi Tim Gowes Nasional  mengelilingi sejumlah ruas jalan di ibukota provinsi Sumatera Utara. Usai menjelajahi Kota Medan, tim selanjutnya akan meneruskan touring yang akan melintasi 90  kabupaten/kota di Indonesia.

Sebelumnya, Tim Gowes Nasional ini telah melakukan touring  dari Nanggroe Aceh Darusalam (ND) dengan start dimulai dari ujung paling barat Pulau Sumatera yakni Sabang beberapa waktu lalu yang dilepas langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Touring  ini akan dilakukan sampai Merauke, Provinsi Papua.

Sebelum melakukan pelepasan, Wali Kota lebih dahulu menyerahkan replika rumah tradisionil Melayu yang berisikan tanah dan air yang diambil dari Istana Maimun Medan kepada Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan, Mara Husin Lubis. Selanjutnya, Mara Husin menyerahkan replika rumah adat Melayu itu kepada Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, dr. Bayu Rahadian, Sp.Kj.

Nantinya, tanah dan air itu disatukan dengan tanah dan air dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia pada finish Gowes Pesona Nusantara di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, bertepatan  dengan Peringatan Hari Olah Raga Nasional, 9 September 2017.

Gowes Pesona Nusantara ini mendapat perhatian penuh dari masyarakat Medan. Selain itu,  sesuai dengan arahan Walikota Medan, seluruh instansi di Pemko Medan turut mendukung penuh kegiatan ini. Tidak heran, ribuan masyarakat dengan berbagai macam bentuk sepeda sejak pukul 6.00 WIB telah memenuhi Jalan Pulau Pinang untuk mengiringi perjalanan tim Gowes Pesona Nusantara di Kota Medan.

Sejumlah pejabat Pemko Medan, diantaranya  Kadis Perhubungan, Redward Parapat,  Kadis Kebersihan dan Pertamanan, H.M Husni, Kadis Pencegah dan Pemadam Kebakaran, Marihot Tampubolon, Plt Kadis Kominfo Dra Sri Maharani MPd, Kabag Humas, Ridho Nasution serta segenap camat maupun lurah se-Kota Medan juga tampak hadir dalam program Kementerian Pemuda dan Olah Raga tersebut.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, dr. Bayu Rahadian, Sp.Kj, Bayu Radian  dalam sambutannya mengungkapkan, Gowes Pesona Nusantara menjadi cara sederhana dan efektif untuk membangkitkan minat masyarakat dalam berolahraga.

“Selain ingin menjadikan masyarakat memiliki gaya hidup sehat melalui olahraga, Gerakan AyoOlahraga juga ingin membuat masyarakat mencintai dan menjadikan olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan,” kata Bayu.

Dikatakan Bayu, rute gowes yang terdiri dari 90 etape dibuat melewati destinasi-destinasi wisata, seni, dan budaya unggulan di setiap kota serta menjadi pesona yang hanya bisa dinikmati jika menyusuri tempat-tempat wisata itu dengan ber-gowes.

Sementara itu  Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Kadispora Kota Medan, usai melepas tim Gowes Pesona Nusantara mengatakan, Pemko Medan sangat mendukung penuh  kegiatan Kementerian Pemuda dan Olah Raga ini.

Dikatakan Wali Kota, penerapan program Ayo Olah Raga melalui Gowes Pesona Nusantara ini menjadi sebuah gerakan untuk membudayakan olah raga di Medan. “Kita percaya Gowes Pesona Nusantara yang juga dilepas di Medan ini akan menjadi sebuah spirit baru dalam membudayakan olah raga di kota yang kiita cintai ini,” ungkapnya.

Selain itu bilang Wali Kota lagi,  kegiatan ini tentunya dapat semakin merekatkan persatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini dicerminkan dengan pengambilan tanah dan air di setiap kabupaten/kota yang dilintasi untuk kemudian disatukan di Magelang pada September mendatang.

“Karena manfaat yang besar inilah, Pemko Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program Gowes Pesona Nusantara ini,” pungkasnya.

Pelepasan Gowes Pesona Nusantara ini juga diisi dengan berbagai hiburan dan doorprize berhadiah utama sepeda motor. Selain hiburan musik dan nyanyian, panitia juga menampilkan olah raga BMX Freestyle  yang menegangkan dan  menakjubkan, serta  juggling bola yang penuh pesona. (Jen)

Print Friendly