Gedung Dewan Sering Kosong, Begini Penjelasan Ketua Badan Kehormatan DPRD Sumut

Drs Baskami Ginting
Drs Baskami Ginting

KANALMEDAN – Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  sering kosong.

Bahkan selama tahun 2017  ini, jika saja tidak ada Aparatur Sipil Negara (ASN), gedung yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol No.5 Medan,  itu sudah mirip rumah hantu yang  tak berpenghuni.

Rakyat dari berbagai daerah yang memiliki urusan dengan wakilnya, sering kali harus kecewa. Karena beberapa kali datang, namun tak satu pun anggota DPRD Sumut priode  2014-2019  ada di sana.

Menyikapi hal ini, Ketua Badan Kehormatan  (BK) DRD Sumut, Drs Baskami Ginting menjawab Kanalmedan.com, Senin (15/05/2017) mengatakan, padatnya jadwal kerja diluar menjadi penyebab utama jarangnya dewan berada di gedung dewan.

“Saat ini saja ada 7 Panitia Khusus (Pansus) yang sedang berjalan.Jadi anggota dewan sedang bekerja keras  agar tuntas tepat waktu. Agenda kerjanya termasuk kunjungan kerja atau studi banding ke provinsi lain.”, katanya.

Ditanya apakah DRD Sumut tidak dapat menyusun jadwal yang baik, agar  tidak semua anggota dewan berada di provinsi lain dalam waktu bersamaan?

“Sebetulnya bisa dijadwalkan di Panitia Musyawarah (Panmus) dan memang tidak semua anggota dewan berangkat keluar. Selalu ada yang tinggal di dalam gedung”, katanya.

Namun saat dijelaskan  hanya hari Senin anggota dewan di DPRD Sumut  ada di dalam gedung, Baskami Ginting tidak menampik.

Pantaun Kanalmedan.com, selain doyan plesiran ke provinsi lain dengan modus studi banding dan kunjungan kerja, sebagian diantara wakil rakyat itu malah sering mangkir dalam tugas. Mereka jarang ikut Rapat Dengar Pendapat (RDP), sering tak ikuti sidang paripurna dewan dan tak aktif melaksanakan tugas-tugasnya  sebagai anggota dewan.

Diantara anggota dewan yang sering mangkir tugas di gedung dewan adalah Dra. Delmeria, juga dikenal sebagai istri Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.  Padahal selain anggota dewan di Komisi A , politisi Partai Nasdem itu adalah  Wakil Ketua BK DPRD Sumut yang seharusnya menjadi contoh tauladan bagi anggota dewan.

Bagaimana sikap Partai Nasdem terhadap kadernya yang suka mangkir tugas itu, belum diketahui. Konfirmasi dengan pihak DPW Nasdem Sumut belum terjawab sampai saat ini. (Jen)

Print Friendly