Ratusan Orang Ikut Donor Darah di PDAM Tirtanadi Medan

Donor darah ini juga untuk menjaga kesehatan kita
ANTUSIAS : Ratusan orang antusias mendonorkan darahnya pada aksi kemanusiaan yang di gelar PDAM Tirtanadi Medan. (Kanalmedan/Humas)

KANALMEDAN – Komunitas Donor Darah Tirtaandi (Kodrati) bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, melaksanakan donor darah di Aula Lt. IV Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangaraja No. 1 Medan, Selasa (09/05/2017).

Donor darah yang dilaksanakan sebagai aksi kemanusiaan itu, diikuti ratusan orang. Tidak saja dari kalangan Direksi dan staf PDAM Tirtanadi, tapi juga masyarakat umum.

“Selain untuk membantu sesama, Donor darah ini juga untuk menjaga kesehatan kita,” kata Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian didampingi Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution.

Arif Haryadian saat itu  ikut menyumbangkan darahnya, sedangkan Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution tidak bisa menyumbangkan darahnya karena masih dalam perawatan medis.

Arif Haryadian mengatakan, Manajemen PDAM Tirtanadi mendukung sepenuhnya kegiatan sosial seperti ini. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendonor, baik dari kalangan pegawai PDAM Tirtanadi maupun dari masyarakat.

“Terima kasih kepada semua pendonor baik dari kalangan pegawai maupun masyarakat yang telah bepatisipasi pada aksi kemanusiaan ini. Apresiasi kami juga buat semua Kru PMI yang telah melayani para pendonor dan terimakasih,” kata Arif Haryadian

Selain menyelamatkan nyawa penerima donor, donor darah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, maupun menumbuhkan sel sel darah baru pendonor.

Kegiatan donor darah dikuti oleh Direksi, Fungsionaris, Pegawai dan tenaga Kontrak PDAM Tirtanadi beserta keluarganya dan juga masyarakat umum.

Sementara itu Ketua Kodrati Gunawan Hary Mulya mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini, sudah menjadi agenda rutin Kodrati yang digelar setiap tiga bulan sekali. Donor darah kali ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di tahun 2017, tetapi merupakan kegiatan yang ke 19 kalinya sejak September 2011.

Hingga jam 13.00 WIB, yang mendaftar untuk ikut donor darah kali ini sebanyak 178 orang. Dari jumlah itu sebanyak 141 orang memenuhi syarat untuk menyumbangkan darahnya.

“Sebanyak 37 orang lainnya gagal mendonorkan darahnya dengan berbagai pertimbangan medis seperti tensi darahnya tinggi, baru sembuh dari sakit, HB tinggi, dll,” tambah Gunawan.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan PDAM Tirtanadi ini. Karena saat ini ketersediaan darah yang akan disalurkan bagi orang – orang yang membutuhkan sangat terbatas,”ujar dr. Maulana dari PMI Kota Medan. (Jen)

Print Friendly