Luangkan Waktu Setengah Jam Ikut Senam Jantung

Senam_jantung

Senam_jantung

KANALMEDAN – Warga yang  mengikuti Car Free Day  (CFD) dan senam jantung sehat di Lapangan  Merdeka  cukup ramai, Minggu  (7/5/2017) pagi.

Mereka dengan penuh antusias mengikuti  gerakan demi gerakan yang  dipandu sejumlah instruktur.  Berkat sosialisasi yang terus gencar dilakukan Ketua Umum Yayasan jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara, Hj Rita Maharani, masyarakat pun tampaknya mulai menyadari akan pentingnya kesehatan jantung.

Senam jantung kini menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka, hasil kerjasama YJI Cabang Utama Sumut dengan Pemko Medan. Dengan rutin melaksanakan senam ini, Hj Rita Maharani selaku penggagasnya berharap agar  kesehatan jantung warga Kota Medan terjaga.

Itu sebabnya Hj Rita Maharani selalu hadir setiap Minggu pagi untuk senam jantung bersama warga Kota Medan. Dijelaskan, Hj Rita, senam jantung ini bermanfaat untuk memperlancar aliran darah di seluruh tubuh. Penyumbatan pada pembuluh darah terjadi akibat kolesterol dan lemak.

“Penyumbatan itulah yang menyebabkan terjadinya berbagai penyaki berat seperti jantung koroner dan stroke. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, makanya kita harus rutin mengikuti senam jantung. Sebab, senam ini berfungsi  untuk meningkatkan peredaran darah,” kata Hj Rita.

Bagi warga yang usianya telah memasuki paro baya, Hj Rita berpesan untuk rutin mengikuti  senam jantung karena performa jantung sudah berkurang. Oleh karenanya diperlukan perawatan jantung, salah satunya  melalui senam jantung lantaran semua gerakannya  dibuat untuk mendukung performa jantung.

“Jadi  saya mengajak seluruh warga untuk meluangkan waktunya sejenak mengikuti senam jantung. Sebab, waktunya tidak terlalu lama, hanya setengah jam. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” pesannya.

Selain ribuan warga, senam jantung sehat juga diikuti Wakil Ketua I TP PKK kota medan, Ny Nurul Khairani Lubis, Asiten pemerintahan, Musadad Nasution, Kadispora Kota Medan, Mara Husin Lubis SH beserta sejumlah pimpinan SKPD lainnya, camat, lurah serta kepala lingkungan.

Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi hadir di Lapangan Merdeka. Selain menyaksikan pelaksanaan CFD dan senam jantung, Akhyar juga medampingi Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi untuk melepas peserta gerak jalan.

Banyak peserta gerak jalan saat melewati garis start menyalami Wakil Wali Kota. Sambil membalas salaman, Akhyar pun  memberikan motivasi agar mereka tetap semangat dan berhasil membawa pulang hadiah yang telah disediakan.

Usai mengikuti senam jantung, jalan santai maupun kegiatan olahraga lainnya yang digelar untuk memeriahkan CFD, banyak warga yang mendatangi mobil sosialisasi milik Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melihat sekaligus mengetahui lebih lengkap tentang bahaya narkoba.(Jen/HT)

Print Friendly

About The Author

Related posts