Sukses Gelar Sosialisasi Tarif Air PDAM, Kompatir Sematkan Pin kepada Camat Medan Amplas dan Medan Kota

KANALMEDAN – Sebagai tanda syukur dan sukses atas terselenggaranya sosialisasi tarif air, Komunitas Pelanggan Air PDAM Tirtanadi (Kompatir) menyematkan pin (logo) kepada Camat Medan Kota dan Camat Medan Amplas di kantor kedua camat itu di Medan, pekan lalu.

Penyematan kepada Camat Medan Kota Syahrul Effendi Rambe dan Camat Medan Amplas Zulfahri Ahmadi diberikan langsung atas nama Ketua Kompatir  Prof Dr Ir Hasnudi MS  melalui Ketua Harian Fachroel Rozi SH, disaksikan unsur pengurus, yakni Sekretaris H Harist Lubis SE, Wakil Sekretaris Rizal Syam SE, Humas Drs Partono Budy, dan Jasrial Husin.

Dalam sambutannya, Ketua Harian Kompatir Fachroel Rozi SH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Camat Medan Amplas dan Camat Medan Kota bersama seluruh jajarannya di kecamatan dan kelurahan yang  telah sungguh-sungguh membantu terlaksananya kegiatan sosialisasi yang diprakarsai oleh PDAM Tirtanadi.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada PDAM Tirtanadi dan jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada Kompatir sebagai pelaksana sosialisasi, sehingga diharapkan akan memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Fachroel, keguatan yang berkaitan dengan tarif PDAM Tirtanadi perlu dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya melalui sosialisasi, melainkan dengan hubungan komunikasi yang baik, terutama dengan warga, agar penyesuaian tarif dapat diterima masyarakat dengan baik.

“Saya juga melihat respon masyarakat di Kecamatan Medan Amplas dan Medan Kota cukup baik, dan antusias mendengarkan paparan dari jajaran direksi PDAM Tirtanadi,” tutur Fachroel Rozi SH.

Sosialisasi tarif air PDAM di Kecamatan Medan Kota pada 13 April 2017 berjalan sukses, dihadiri Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian, Sekretaris Perusahaan Jumirin, Kadiv Air Limbah Zulkarnain, Kepala Divisi Litbang Ashari Pasaribu, Sekcam Rudy Astriandi, para Lurah, Kepling, LSM, dan lainnya, berbaur bersama masyarakat.

Demikian pula acara yang berlangsung di Kecamatan Medan Amplas 17 April 2017, terlihat ratusan warga berbaur, dan turut dihadiri Direktur Air Bersih H. Delviyandri, Kadiv Hubungan Langganan PDAM Tirtanadi, Tauhid Ichyar, Ketua Tim Tarif PDAM Tirtanadi Zulkifli Lubis, Camat Medan Amplas Zulfahri Ahmadi S.Sos, seluruh lurah dan Kepling se-Kecamatan Medan Amplas, termasuk Delfimart, Kepling II Kel. Harjosari II.

Ketua Kompatir Prof Dr Ir Hasnudi MS  yang hadir sebagai pembicara di dua kecamatan itu,  memberi kajian terkait kenaikan tarif, di antaranya regulasi yang mendukung. “Sesuai Permendagri 71 Tahun 2016, apa yang dilakukan PDAM Tirtanadi sudah sewajarnya. Selain itu, dalam pengamatan langsung, bahwa PDAM Tirtanadi memang aktif melakukan pengembangan, termasuk penambahan debit air sehingga bisa memenuhi kebutuhan air bersih yang terus meningkat,” katanya.

Sementara Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian dalam sesi tanya jawab pada acara itu mengatakan, kenaikan air sudah dilakukan dengan tahapan yang panjang. Meski demikian, harga air PDAM Tirtanadi tetap sangat ekonomis, hanya kisaran Rp1,65 rupiah perliter atau kalau 1.000 liter pemakaian sehari hanya Rp1.650. “Bandingkan dengan harga air mineral yang seliter Rp 3.000. Dan tarif air PDAM Tirtanadi masih ang termurah dibandingkan dengan kota-kota besar lain seperti DKI, Bandung, Malang, dan lainnya,” katanya. (partonobudy)

 

Print Friendly