Penertiban PK5 Sutomo Mengutamakan Pendekatan Persuasif

PK5_sutomo

KANALMEDAN – Penertibkan pedagang kaki lima (PK5) di seputaran Jalan Sutomo Medan, dilakukan dengan mengutamakan pendekatan persuasif. Aparat yang diturunkan, sebisa mungkin diupayakan bersikap tenang dan bersahabat.

Untuk mewujudkan pendekatan persuasif itu, Kamis dinihari maka (13/04/2017), sebelum penertiban dilakukan, seluruh personil  melaksanakan apel di depan Kantor PD Pasar Jalan Sutomo.

Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan langsung memberi pengarahan, agar penertiban yang dilakukan benar-benar efektif.

Usai apel,  tim gabungan selanjutnya bergerak menyisiri seputaran Jalan Sutomo. Kehadiran tim gabungan membuat para PK5  urung melakukan bongkar muat.  Meski demikian ada juga sejumlah pedagang yang  nekat berjualan.   Tak pelak tim gabungan pun langsung mengamankan meski PK5 berusaha sekuat tenaga mempertahankan sambil melontarkan kalimat sumpah serapah dan  makian.

Proses penertiban berlangsung sampai pukul 07.00 WIB. Dari penertiban yang dilakukan, tim gabungan mengamankan 2 truk sayuran dan buah-buahan milik PK5. Selain itu tim juga membongkar 2 unit lapak milik pedagang yang digunakan untuk berjualan, termasuk meja, tenda, serta payung.  Selanjutnya keseluruhan barang milik para pedagang tersebut dibawa ke markas Satpol PP Jalan  Jalan Adinegoro Medan.

Sofyan menegaskan, tim gabungan akan terus melakukan penertiban. Sebab, keberdaan para PK5 tidak dapat ditolerir. Selain menjadi biang utama penyebab terjadinya kemacetan arus lalu lintas, kehadiran  para pedagang juga menyebabkan rusaknya infrastruktur serta  sampah berserakan dimana-mana sehingga membuat kawasan itu semrawut dan sangat kumuh.

“Intinya keberadaan para PK5  sangat mengganggu kenyamanan dan ketentraman warga sekitar, termasuk para pengguna jalan. Di samping itu   keberadaan mereka juga menyebabkan penghasilan para pedagang  di Pasar Induk Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan terus merugi karena minimnya jumlah pembeli yang datang. Jadi penertiban akan terus kita lakukan sampai kawasan Jalan Sutomod ans ekitarnya bersih dari PK5,”  tegasnya. (Rel/Jen)

Print Friendly