Ikatan Wartawan Online Sumut Silaturahmi Dengan Rekan Pers

KANALMEDAN – Untuk meningkatkan keakraban dan persaudaraan serta memperkuat ikatan diantara sesama kuli tinta, Ikatan Wartawan Online Sumatera Utara melalui ketuanya Royman S Purba SE, menggandeng rekan awak media lainnya pada silaturahmi di salah satu Cafe dikawasan Pulo Brayan, Medan, Sabtu (1/4/2017).

Selain untuk silaturahmi, IWO juga membahas terkait akhir-akhir ini tindakan kekerasan terjadi kepada awak media dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.  Royman menyesalkan maraknya tindak kekerasan terhadap jurnalis di Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

Menurutnya , tindakan kekerasan terhadap jurnalis dalam melakukan tugas jurnalistik adalah bentuk nyata pembangkangan terhadap Undang-undang (UU) Pers Nomor 40 tahun 1999.

“Undang-undang tersebut dengan tegas menyatakan bahwa jurnalis dilindungi dari tindak dan atau perampasan alat-alat kerja, serta tidak boleh dihambat atau diintimidasi oleh pihak manapun,” kata Royman.

Menurutnya, pengusutan mendalam atas insiden penganiayaan ini harus dilakukan oleh Panglima TNI/Kapolri. “Melakukan evaluasi terhadap jajaran di bawahnya tentang tugas pokok prajurit dalam melindungi dan mengayomi masyarakat, mengingat kasus pemukulan terhadap jurnalis makin kerap terjadi,” kata dia.

Ditambahkannya, penyelesaian kekerasan terhadap wartawan melalui jalur hukum akan lebih baik. Ia mencontohkan, kekerasan terhadap wartawan baru saja terjadi di kantor Gubernur Sumatera Utara. “Penyelesaian secara hukum akan memberi rasa adil kepada para korban,” harapnya.

Royman juga meminta penegak hukum memberikan hukuman yang seberat-beratnya bagi para pelaku. “Pelaku harus dihukum seberat-beratnya,” ujarnya didampingi Sekertaris IWO Sumut Sugandhi Siagian. IWO Sumut meminta Dewan Pers dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnaa HAM) melakukan upaya hukum terkait maraknya kekerasan terhadap wartawan.

Pada kesempatan tersebut turut hadir awak media dari denominasi seperti ; Detektif Monitor, Jarak Pantau, Kamera Berita, DNA, Yudi Karnews, Patroli News, Utama News, Madya  Pos, Fakta Online, Metro Rakyat, Sumut News, Surya News, Radio El Shinta, Dialog, FIB, Lasser News Today, Deteksi Nusantara, Pro Rakyat, Generasi, Metro 24 Jam. Usai silaturahmi, acara diakhiri dengan foto bersama. (rel-bud)

Print Friendly