Gempa Kembali Guncang Kota Medan

gempa

KANALMEDAN – Daerah Medan dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi pada tengah malam. Kali ini gempa terjadi pada Selasa 14 Februari 2017 sekitar pukul 00:11 WIB. Gempa bumi ini merupakan yang kesekian kalinya dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan dalam seminggu terakhir, tidak kurang dari lima kali masyarakat Medan dan sekitarnya merasakan gempa.
Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi kali ini bersifat tektonik dengan kekuatan magnetudo mencapai 4,7 Skala Richter. Ini disampaikan Kepala Balai Besar Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.
“Telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 4,7 Skala Richter. Letak gempa berada pada koordinat 3.37 LU dan 98,51 BT. Tepatnya di darat pada jarak 22 Km arah barat daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara”, ujar Edison dalam keterangan tertulisnya.
Edison menjelaskan, selain di Medan, guncangan gempa bumi juga dirasakan di Berastagi dengan intensitas gempa bumi II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sibolangit II SIG-BMKG (III-IV MMI), Tuntungan I SIG-BMKG (II-III MMI) dan Binjai I SIG-BMKG (I-II MMI).
Menurut hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada zona sumber gempa bumi M=5,6 yang terjadi pada tanggal 16 Januari 2017 yang lalu. Sedangkan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi kali ini merupakan jenis gempa bumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar. Hal ini berarti gempabumi ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif lokal.
Namun walau begitu, Edison menghimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak panik. Dia juga mengajak masyarakat terus mengikuti informasi dari BMKG dan arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
“Masyarakat khususnya yang berada didaerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya, dihimbau agar tidak terpancing dengan isu yang belum jelas kebenarannya. Hal ini mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” kata Edison.
Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menyebutkan, bahwa gempa yang terjadi sudah semakin parah dan meminta masyarakat untuk tetap tenang.
“Awalnya gempa itu horizontal, gerak dari kiri ke kanan. Sekarang sudah vertikal. Sudah semakin berbahaya,” kata Eldin di DPRD Kota Medan, Selasa (14/2/2017).
Ia lantas meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) waspada dan siap dengan kondisi terburuk.
“Kita doakan tidak terjadi apa-apa. Tapi saya sudah perintahkan BPBD untuk siap mengantisipasi resiko terburuk,” jelas Eldin mengakhiri. (tim)

Print Friendly

About The Author

Related posts