Akhyar Buka Muscab VI DPC Organda Kota Medan

14

KANALMEDAN –Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Musyawarah Cabang (Muscab) VI Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda Kota Medan di Hotel Dharma Deli Medan, Kamis (9/2/2017).

Melalui Muscab ini  diharapkan organisasi yang telah berusia lebih dari setengah abad ini, dapat  mendukung dan memberikan solusi untuk membantu Kota Meabn menciptakan transportasi yang lebih baik. Termasuk, inovasi disertai pemanfaatan teknologi transportasi terkini  guna meningkatkan mutu transportasi di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Akhyar, peningkatan kualitas transportasi di Kota Medan diyakininya akan mampu menarik kemajuan teknologi dan informasi karena aspek ini saling berkaitan, sehingga mampu menjadikan kota seluas lebih kurang 26.000 hektar ini menjadi smart city sekaligus salah satu tujuan kota bisnis MICE (meeting, incentive, convention,  exhibition).

Itu sebabnya, beber Akhyar, salah satu konsep yang  yang tengah diprioritaskan Pemko Medan saat ini yakni smart transportation. Dijelaskannya, konsep ini diperlukan karena Kota Medan mrupakan inti dari seluruh kota sebaran yang ada di sekitar Kota Medan. Melalui konsep ini Medan dapat memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat yang akan  melakukan mobilitas di Kota Medan, terutama masyarakat dari Binjai, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Tanak Karo.

Untuk itulah bilang Akhyar, Pemko Medan berencana menghadirkan LRT (Light Rail Transit) dan BRT (Bus Rapid Transit). Khusut untuk LRT, Akhyar mengatakan kini tengah pembahasan di Kementrian Keuangan. “Kita berharap agar konsep LRT ini secepatnya dilaksanakan, guna mengurai kemacetan di Kota Medan,” kata Akhyar.

Selanjutnya untuk mendukung kelancaran transportasi di Kota Medan, Akhyar menjelaskan Pemko Medan tahun 2017 ini fokus menyelesaikan perbaikan parit/drainase dan jalan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembenahan moda angkutan. Salah satu yang mendapat sorotan adalah becak bermotor yang kini jumlahnya ditaksir belasan ribu. Akhyar menilai desain becak yang ada saat ini kurang manusiawi, sehingga membuat penumpangnya kurang nyaman.

Sebelumnya, Ketua DPD Organda Sumut, DR Haposan Siallagan SH MH menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko Medan yang selama ini selalu membantu dan bersinergi dengan Organda Medan. Oleh karenanya, tegas Haposan, Organda siap mendukung program Pemko Medan, terutama dalam masalah angkutan di kota Medan.

Kadishub Kota Medan, Renward Parapat ATD MT dalam sambutan singkatnya, berharap kepada pengurus DPC Organda periode 2016-2021 yang terpilih nanti dalam Muscab, dapat mendukung  program Pemko Medan dalam rangka peningkatan pelayanan angkutan kepada masyarakat. Salah satunya rencana program Pemko Medan untuk mengoperasikan kenderaan yang bisa mengangkut banyak penumpang, guna mengatasi kemacetan.

Sedangkan Ketua DPC Organda Kota Medan periodde 2011-2016, Mont Gomery Munthe mengatakan, Muscab ini merupakan momentum penting dalam memajukan organisasi untuk memberikan kontribusikan pembangunan di Kota Medan. Selanjutnya kepada seluruh peserta Muscab, Mont Gomery minta terus menjunjung tinggi  semangat kebersamaan dan kerjasama sehingga Oranda menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Kita membutuhkan saran dan masukan membangun untuk kemajuan organisasi yang akan dijalankan kepengurusan baru nantinya. Di samping itu mari kita terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pesannya. (Jen)

Print Friendly