Wali Kota Hadiri Launching Aplikasi Polisi Kita

5

KANALMEDAN –Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri acara launching aplikasi Polisi Kita Polda Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (5/2/2017).

Launching layanan berbasis IT (e-policing) ini dilakukan langsung Kapolri Jendral Tito Karnavian, bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Aplikasi ini menghubungkan antara polisi dengan masyarakat selama 24 jam penuh tanpa batas ruang dan waktu. Launching ini ditandai dengan penekanan ipad yang dilakukan Kapolri bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Asman Abnur, SE, M.Si dan Kapoldasu, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel disaksikan Gubsu Ir H.T. Erry Nuradi MSi, Kasdam I/BB Brigjen TNI T.Aritonang, Walikota Medan serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumut dan Kota Medan.

Kapolri sangat mengapresiasi atas dilaunchingnya aplikasi Polisi Kita. Diharapkannya aplikasi ini membawa perubahan di Poldasu, termasuk warga Sumut. Menurut Kapolri, peluncuran aplikasi ini sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menginginkan agar seluruh instansi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Presiden ingin layanan publik yang diberikan benar-benar dapat dirasakan masyarakat. untuk itulah Kepolisian melakukan sejumlah reformasi, salah satunya pelayanan publik. Dengan adanya aplikasi Polisi Kita, dapat kita mewujudkannya. Dengan demikian masyarakat tidak perlu datang ke kantor Polisi, mereka cukup meng-klik aplikasi melalui Hp Android dan petugas pun langsung datang.”kata Kapolri.

Sementara itu  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Asman Abnur SE M.Si mengatakan, peluncuran aplikasi ini merupakan membangun budaya baru di tubuh kepolisian dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diharapkannya, ini menjadi contoh dan bukti bahwa proses perubahan harus dimulai dari pemimpinnya.

Sebelumnya, Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam laporannya menjelaskan, peluncuran aplikasi Polisi Kita sebagai penjabaran dari program prioritas Kapolri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Polda Sumut membangun program pelayanan publik online yang terintegrasi kepada seluruh Polres di Sumut.

Apresiasi juga disampaikan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Dengan peluncuran aplikasi Polisi Kita ini, Eldin berharap kondisi kantibmas di Sumut, terutama Kota Medan semakin aman dan kondusif lagi. Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini selanjutnya mengajak warga untuk memanfaatkan aplikasi ini.

“Jika ada keluhan terkait masalah keamanan maupun melihat hal-hal yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing, warga  tak perlu  mendatangi kantor polisi. Cukup meng-klik aplikasi Polisi Kita, insya Allah aparat kepolisiaan akan datang untuk menindaklanjutinya. Jadi mari kita manfaatkan aplikasi ini,” ajak Wali Kota.

Usai launching aplikasi Polisi Kita, Wali Kota kemudian menyerahkan lukisan teh kepada Kapolri didampingi Kapoldasu dan Gubsu. Lukisan yang menggambarkan Kapolri beserta istri itu merupakan hasil karya salah seorang pengerajin UMKM di Kota Medan. Wali Kota menyerahkan lukisan itu sebagai ungkapan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kedatangan Kapolri ke Kota Medan.

Sebelum launcing aplikasi Polisi Kita dilakukan, lebih dulu digelar senam aerobik bersama diikuti ribuan warga Kota Medan bergabung dengan aparat kepolisian dan ASN di lingkungan Pemko Medan. Selain senam aerobic, peluncuran juga  dimeriahkan dengan penampilan artis ibukota Vicky Shu dan Armada band. Selain itu Pemko Medan juga menyediakan sarapan gratis kepada seluruh pengunjung yang menghadiri acara peluncuran aplikasi tersebut. (Jen)

Print Friendly