PEMKO MEDAN SIAP DUKUNG KPUD KOTA MEDAN SUKSESKAN PILGUBSU 2018

22

KANALMEDAN –  Menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara sebagai rangkaian Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Medan mulai melakukan serangkaian persiapan tahapan Pilgub tersebut di wilayah Kota Medan.

Salah satunya menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Medan dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilgubsu 2018 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya perbaikan berdasarkan hasil pelaksanaan dari Pilkada yang telah berlansung sebelumnya di Kota Medan.

Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin S, M.Si yang menerima audiensi jajaran Komisioner KPUD Kota Medan yang di ketuai Yenni C. Rambe di rumah dinas Walikota Medan, Jumat (27/1/2017), menyambut baik kesiapan KPUD Kota Medan dalam menyongsong Pilgubsu 2018 mendatang.

Dikatakan Eldin, persiapan demi persiapan tentunya harus dirancang jauh-jauh hari, guna memaksimalkan serangkaian kegiatan Pilgub 2018 mendatang. Untuk itu dirinya mengatakan Pemko Medan siap mendukung KPUD Kota Medan mengsukseskan jalannya persiapan hingga pelaksanaan Pilgubsu mendatang.

“Dalam kerjasama ini, Pemko Medan siap mendukung program kegiatan KPUD Kota Medan melalui harmonisasi kegiatan-kegiatan pemerintahan di Kota Medan. Tentunya dengan harapan besar bahwa Pilgubsu yang berlangsung di Kota Medan berjalan lancar dan sukses”, ungkap Eldin yang didampingi sejumlah pimpinan SKPD.

Nantinya tambah Eldin, dalam kegiatan-kegiatan pemerintahan yang bersinggungan dengan masyarakat luas akan turut disertakan KPUD Kota Medan, sehingga di sana nanti kita dapat juga memberikan pencerahan terkait nilai-nilai demokrasi bangsa serta sosialisasi pemilihan seperti simulasi tata cara pencoblosan yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KPU.

“Hal ini sejalan dengan salah satu program Pemko Medan di tahun ini, yakni turut mengsukseskan Pilgubsu 2018 mendatang melalui persiapan dan pembekalan masyarakat Kota Medan sejak dini terkait pemahaman demokrasi dan pilkada, untuk itu akan kita upayakan dan rangsang kembali daya minat dan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS lalu mencoblos sehingga pesta demokrasi tingkat Sumatera Utara di Kota Medan, berjalan sukses dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi,” lanjutnya.

Sebelumnya diungkapkan Ketua KPUD Kota Medan Yenni C. Rambe, pihaknya ingin menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Medan sebagai upaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yang menjadi salah satu kendala utama dalam pilkada terdahulu, dimana tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan masih tergolong rendah, terutama pada beberapa kecamatan potensial di Kota Medan.

Menurutnya dengan menggandeng Pemko Medan sebagai mitra KPUD Kota Medan, diharapkan dapat mengsukseskan Pilgub mendatang dengan peningkatan tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan terutama dalam menjangkau para pemilih pemula potensial seperti pelajar yang telah memenuhi standard umur peserta pemilu. (Jen)

Print Friendly