Eldin Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Jantung

5

KANALMEDAN – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution bersama masyarakat mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (8/1). Senam ini dinilai sangat penting, sebab manfaatnya untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung. Oleh karenanya  Wali Kota berharap agar senam jantung sehat ini dilakukan rutin, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung.

Ketua PKK Kota  Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin ikut juga ikut senam jantung sehat bersama sejumlah pimpinan SKPD, camat dan lurah. Mereka berbaur dengan masyarakat untuk mengikuti seluruh gerakan yang disampaikan 5 orang instruktur. Sebab, gerakannya memang dibuat khusus untuk  memacu jantung mengambil oksigen sebanyak-banyaknya sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen terpenuhi.

Senam jantung sehat ini dimulai sekitar pukul 06.45 WIB setelah Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta istri tiba di lokasi. Kehadiran mereka langsung disambut gembira oleh warga yang telah berkumpul di lokasi sekitar pukul 06.00 WIB. Dengan penuh semangat seluruh peserta senam jantung sehat mengikuti seluruh gerakan diiringi musik.

Ada sekitar satu jam senam jantung sehat berlangsung. Usai senam, Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta istri langsung bersilaturahmi dengan warga. Selain bersalaman, momen itu digunakan warga untuk berfoto. Baik Wali Kota dan Wakil Wali Kota mengajak warga untuk rutin mengikuti senam jantung sehat. “Dengan mengikuti senam ini, insya Allah jantung kita sehat semua,” kata Wali Kota.

Dikatakan Eldin, senam jantung ini sangat penting dilakukan karena gerakannya bermanfaat memperlancar aliran darah di tubuh. Apalagi bagi warga yang sudah tidak muda lagi, performa jantung akan berkurang. “Itu sebabnya perlau dilakukan perawatan jantung, salah satunya dengan mengikuti senam jantung ini. Sebab, senam ini sangat bermanfaat untuk menjaga sekaligus merawat kesehatan jantung,” ungkapnya.

Mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu menambahkan, penyakit jantung koroner terjadi akibat sumbatan pada pembuluh darah yang berasal dari kolesterol maupun lemak. Selain jantung koroner, penyumbatan itu juga dapat menyebabkan terjadinya stroke. Oleh karenanya melalui senam jantung ini, gerakan-gerakan yang dilakukan dapat meningkatkan maupun memperlancar peredaran darah.

Atas dasar itulah Wali Kota mengajak masyarakat untuk rutin mengikuti senam jantung ini. Eldin mengingatkan, penyakit jantung saat ini merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia.  Meski demikian tidak sedikit yang remeh akan penyakit jantung ini sehingga berakhir dengan fatal. “Untuk itu marilah kita selalu merawat dan menjaga kesehatan jantung kita,” pesannya.

Senam jantung sehat ini digelar hasil kerjasama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumut dengan Pemko Medan. Ditambah lagi Hj Rita merupakan salah satu pengurus di YJI Sumut, sehingga menjadi pencentus utama digelarnya asenam, jantung sehat ini. “Semoga dengan senam  yang kita gelar ini, kesehatan jantung warga Kota Medan terjaga,” harap Hj Rita. (Jen)

Print Friendly