Wali Kota Sidak RSUD Pirngadi, Disdukcapil dan dinas TRTB

1

KANALMEDAN – Di hari pertama kerja tahun 2017, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi langsung sidak, Selasa (3/1). Tiga  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang  menyangkut langsung dengan pelayanan didatangi yakni  RSUD Dr Pirngadi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB). Selain melihat tingkat kehadiran, sidak ini juga dilakukan untuk melihat kesiapan Apratur Sipil Negara (ASN) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pasca libur merayakan Tahun Baru 2017.

Ketika sidak, Wali Kota turut didampingi Asisten Umum Setdakot Medan, Ikhwan Habibi Daulay, Kepala BKD Kota Medan, Lahum serta Kabag Humasy Setdakot Medan, Budi Hariono. Sidak ini dilakukan Eldin usai memimpin apel pagi di halaman tengah Balai Kota Medan.  Selanjutnya Wali Kota bergerak menuju RSUD Dr Pirngadi Medan.

Tiba di rumah sakit milik Pemko Medan itu, seluruh jajaran RSUD Dr Pirngadi tengah apel pagi. Wali Kota selanjutnya mengecek sejumlah ruangan untuk melihat sejauhmana  kesiapan jajaran rumah sakit  dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kemudian Eldin  mengajak berdialogf sejumlah pasien, terutama yang tengah menunggu di ruang poliklinik.

“Saya minta agar petugas Humas RSUD Dr Pirngadi terkoordinir dalam memberi keterangan. Jangan sampai membuat masyarakat bingung atau menjadi salah paham.  Bangunlah komunikasi yang baik dengan pasien dan keluarganya. Komunikasi yang baik akan sangat membantu kita dalam memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ,” ujar Wali Kota.

Kedatangan Wali Kota disambut langsung Kadisdukcapil, OK Zulfi. Selanjutnya Zulfie pun memperlihatkan  proses pengurusan administrasi kependudukan, mulai KTP, KK, akte kelahiran maupun akte pernikahan. Kemudian Wali Kota menanyakan ketersediaan soal blangko KTP,  Zulfi mengaku masih belum ada. Sebagai gantinya, masyarakat bisa mendapatkan surat keterangan pengganti KTP (resi) menunggu blangko KTP dikirim dari Kemendagri.Kemudian Wali Kota naik ke lantai tiga, banyak warga yang mengantri di depan ruangan Seksi Mutasi Penduduk. Sejumlah warga tampak kecewa, salah satunya seorang pria paro baya yang mengaku rektor salah satu perguruanm tinggi swasta di Kota Medan. Meski sudah antri mulai pukul 07.00 WIB namun petugas tak kunjungh memanggil namanya.

Makanya begitu melihat kedatangan Wali Kota, pria itu langsung menyampaikan keluhannya. “Lihat Pak Wali, sudah dari tadi kami antri disini namun nama kami tak dipanggil-panggil. Kami benar-benar kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Seharusnya  Seksi Mutasi Penduduk ini membuka dua tempat untuk melayani masyarakat. kalau Cuma satu seperti ini, petugas yang bersabngkutan tidak akan mampu, terbukti terjadi antrian kayak gini. Di samping itu harus dilengkapi dengan mik, sehingga mendengar apabila namanya dipanggil,” keluh pria tersebut.

Terakhir Wali Kota menyambangi Dinas TRTB Kota Medan di Jalan AH Nasution. Seperti dalam sidak di RSUD Pirngadi dan Disdukcapil, Eldin kembali menegaskan kepada Kadis TRTB Sampurno Pohan beserta seluruh jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Layani masyarakat dengan baik. Jangan pernah dipersulit, sebab kita ini merupakan abdi negara yang bertugas melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Atas pelayanan yang diberikan itulah, maka negara memberi kita gaji dan insentif,” paparnya.(Jen)

Print Friendly