PDAM Tirtanadi Miliki Andil Besar Kembangkan Jiu Jitsu

KANALMEDAN – PDAM Tirtanadi dinilai memiliki andil besar dalam mengembangkan olahraga bela diri asal Jepang, Jiu Jitsu. Diharapkan, dengan keberadaan PDAM Tirtanadi, olahraga dapat semakin berkembangan di masyarakat.

Optimisme itu makin menguat setelah Institut Jujitsu Indonesia (IJI) Sumut sekarang berada di bawah pimpinan Ketua Harian Pengurus Provinsi Syaiful Bahri Nasution SE, MSi.

Informasi yang dihimpun Kanalmedan.com, menyebutkan, peningkatan olahraga beladiri itu terlihat dari intensitas latihan yang dilakukan di sejumlah tempat, termasuk dojo PDAM Tirtanadi Jln. Sisingamararaja Medan dengan hari latihan: Rabu 19:30 WIB dan Minggu 07:30 WIB. Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Syaiful Bahri.

Selain di PDAM Tirtanadi, sekarang sudah dibuka dojo di UISU dan satu satu dojo di Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang. Ini sejalan dengan gebrakan Syaiful Bahri yang sudah menggagas berbagai program ke depan, salah satunya dengan mempersiapkan para jujitsan yang andal dan tangguh.

Syaiful Bahri Nasution terpilih menjadi Ketua Harian Pengprov Institut Jujitsu Indonesia (IJI) Sumut dalam Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar di Aula Fakultas Pertanian UISU Jalan SM Raja Medan, pada 14 Maret 2016 lalu. Syaiful berhasil mengumpulkan 17 suara dan mengalahkan rivalnya M Abdi Ridha yang hanya mendapat dukungan 3 suara dari 20 suara pemegang hak suara.

Usai Musda, Syaiful mengatakan sangat berterima kasih kepada pengurus Pengprov IJI Sumut, Pengurus IJI Kabupaten/Kota yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan untuk menjabat Ketua Harian Pengprov IJI Sumut periode 2016-2021.

“Untuk ke depan merupakan tugas yang berat untuk memajukan Jujitsan yang merupakan bela diri asal Jepang di Sumut. Namun, tugas ini akan semakin ringan jika semua pengurus IJI Sumut dan pengrus IJI Kota/Kabupaten saling bahu membahu dan kerjasama agar olahraga bela diri ini semakin merakyat dalam lingkungan masyarakat,” ujar Syaiful, yang juga pelatih Dojo PDAM Tirtanadi Pusat itu.

TOREHKAN PRESTASI

Sebagai cacatan dan sebagai keluarga Jujitsu Sumut harus bangga karena Jujitsu Sumut telah berulang kali menorehkan prestasi tingkat nasional, bahkan internasional. Suatu kebanggaan bagi Jujitsan Sumut yang berhasil mengibarkan sang merah putih dalam setiap even internasional.

Apalagi, dia juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini Jujitsu Sumut akan bergabung dengan KONI. Bergabungnya Jujitsu diharapkan Syaiful dapat memberikan prestasi Jujitsan Sumut di ajang PON XX/2020 di Papua nanti.

 

Selama ini, kata Syaiful, prestasi jujitsan Sumut sudah tak perlu diragukan lagi. “Di PON di Papua, Jujitsan Sumut bisa mendulang medali. Para Jujitsan kita telah banyak bicara dalam kejuaraan nasional dan telah membuktikan diri mengibarkan sang merah putih di negara lain dalam kejuaraan bertaraf internasional,” ujar Syaiful kepada wartawan.

“Sampai saat ini jujitsan Sumut merupakan jujitsan yang disegani lawan dalam kancah nasional. Apalagi Medan merupakan barometer perkembangan jujitsu di Indonesia. Untuk itu, dengan dibukanya dojo di UISU akan membuat para jujitsan semakin berpacu untuk menorehkan prestasi,” tegasnya menambahkan. (partono/veri)

Print Friendly