Sutan Bhatoegana Wafat

KANALMEDAN – Politisi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana, meninggal dunia pada Sabtu (19/11/2016) pagi. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Akbar Hadi.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Sutan Bhatoegana pada hari ini sekitar pukul 08.00 WIB di Bogor,” kata Akbar Hadi saat dikonfirmasi.

Menurut Akbar, Sutan mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit BMC Bogor, Jawa Barat. Sebelum di BMC, Sutan sempat dirawat di RS Hermina Bandung, kemudian dipindahkan ke RS Medistra, Jakarta Selatan, sekitar dua hingga tiga pekan. Sutan meninggal dalam usia 59 tahun.

Dia mengaku mendapatkan informasi itu dari Lapas Sukamiskin, Bandung. Setelah divonis 10 tahun penjara terkait kasus menerima pemberian uang terkait pembahasan APBN Perubahan 2013 dan penerimaan gratifikasi. Sutan dipindahkan ke Lapas Sukamiskin.

“Beliau telah berpulang sekitar pukul 08.00 Wib,” terangnya.

Dia berharap keluarga yang tinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan.

Sepekan terakhir, beredar sejumlah foto Sutan sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Sejak Oktober lalu, Kalapas Kelas I Sukamiskin Bandung, Dedy Handoko, membenarkan Sutan mengalami sakit serius. Sutan sempat dibawa ke RS Hermina Bandung, kemudian dilarikan ke RS Medistra Jakarta, dan terakhir melakukan perawatan di RS BMC.

“Katanya kanker hati, liver gitu,” katanya saat konfirmasi merdeka.com Selasa (25/10).

Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua, yang sempat menjenguk Sutan beberapa waktu lalu mengatakan, selain karena kanker hati, secara psikologis, Sutan juga tampak tertekan karena harus menjalani hukuman 12 tahun penjara.

Mantan Ketua Komisi VIII DPR itu terlibat kasus suap terkait pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan Tahun 2013 untuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Drs. Ir. H. Sutan Bhatoegana Siregar, MM (lahir di Pematang Siantar, 13 September 1957) adalah seorang politisi Indonesia dari Partai Demokrat.

DAPIL SUMUT

Sutan adalah anggota komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) untuk periode 2009-2014 yang terpilih dari pemilihan umum legislatif tahun 2009 dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I yang meliputi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi melalui Partai Demokrat.

Sutan merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat, Ia tercatat sebagai sekretaris Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator (FKPD) Partai Demokrat, meskipun forum ini dianggap tidak resmi oleh internal Partai Demokrat.(tim)

Print Friendly