Medan Digoyang Gempa

KANALMEDAN – Sebuah guncangan diduga gempa bumi melanda Kota Medan, Sumatera Utara, pada Ahad malam, 23 Oktober 2016. Belum ada informasi dari pihak resmi terkait kejadian itu, namun sejumlah netizen dibuat heboh dan menyampaikannya melalui kicauan di media sosial Twitter.

Beberapa cuitan membahas tentang getaran yang terjadi, seperti dialami oleh akun @desouza699. “Getaran yang mengejutkan. Seperti ada suara dentuman. Medan gempa apa gimana ini? Getarannya kerasa banget, kirain ada yang jatoh di sekitar rumah,” cuit Rendi A. Pratama, pemilik akun tersebut.

Ada juga yang masih bertanya-tanya soal gempa tersebut. “Ada yang merasa gempa barusan? #gempa #medan,” ujar akun @Lianguide.

Sebagian netizen juga menyisipkan sebuah guyonan dalam kicauannya, seperti cuitan Syandria Harahap melalui akun @sasyahap. “Eh yang di Medan, ada ngerasa gempa ga sih barusan? Atau ini hanya getaran jantungku karena rindu kamu? Ea.”

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika hingga pukul 03.00, Senin, 24 Oktober 2016, belum memuat informasi terbaru mengenai gempa bumi, baik di situs web maupun akun resmi Twitter @infoBMKG.

BARATLAUT

 

Berdasaarkan informasi, gempa bumi mengguncang Kabupaten Deli Serdang pada Minggu (23/10/2016) tepat pukul 22:57:28 WIB. Dilansir dari laman resmi bmkg.go.id, gempa terjadi berkekuatan 3,5 SR terjadi di 3.44 LU 98.64 BT, 19 Km Pusat gempa berada di darat 7 km Barat Laut Kabupaten Deli Serdang. Hingga berita ini diturunkan belum ada korban jiwa maupun kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

Untuk kota Medan, getaran gempa Kota Medan terasa untuk kisaran beberapa detik pada Minggu (23/10/2016), sekitar pukul 23.20 WIB. Bahkan beberapa netizen merasakan getarannya cukup kuat hingga membuat mereka nyaris berhamburan keluar rumah.

Lini massa di Twitter langsung berkicau usai terasa gempa di Kota Medan. Mereka banyak bertanya di mana pusat gempa tersebut terjadi. Seperti yang diungkap oleh ‏@dedy_ardiansyah di aku Twitternya, “Medan gempa terasa sangat. Semoga tidak ada apa-apa,” tulisnya. Kevin Horvejkul: “Medan gempa barusan… 2 detik ya?????”

Sementara itu Anissa Florence ‏menulis bahkan nyaris keluar kosnya untuk menghindari terjadi gempa, “Medan gempa. Dan aku nyaris lari keluar kos sambil nenteng selimut,” tulisnya. Sabrina Mathilde, “Getaran cukup kuat di area Medan. Gempa atau apa ya?”

Dwiputra S’kalit, “medan terasa gempa y? Kyk ada goyangan walo cuma bentar. pusat d mana ya?”

Informasi terakhir mengenai gempa bumi dirasakan di beberapa wilayah Jawa Barat, seperti Bandung, Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Pangandaran, Pelabuhan ratu, dan Soreang, pada Minggu siang, 23 Oktober 2016. Pusat gempa tersebut terjadi di laut yang berjarak 81 kilometer baratdaya Garut, Jawa Barat. (tim)

Print Friendly