Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Penelusuran Potensi Minat Bakat Siswa SMK

KANALMEDAN – Untuk mengetahui potensi kecerdasan, bakat dan minat serta pola belajar anak, perlu dilakukan penelusuran secara ilmiah melalui kegiatan psikotes. Dari hasil psikotes, maka sekolah, guru dan orang tua dapat sejak dini memastikan bahwa anak tersebut berada pada sekolah lanjutan dengan jurusan yang tepat sesuai dengan minat bakatnya.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darwa Wijaya saat memimpin upacara pembukaan kegiatan Penelusuran Potensi Kecerdasan Minat Bakat dan Pola Belajar (Psikotes) Siswa Kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Tahun 2016 bertempat di SMA Negeri 1 Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (19/10).
Turut hadir pada acara Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis, MBA, CBA, serta Kepala Sekolah dan siswa SMA/SMK se-Sergai.
Lebih lanjut Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan keberhasilan pendidikan tidak hanya diukur dengan nilai rangking dan prestasi, akan tetapi salah satu indikatornya diukur pasca sekolah. Jadi apabila siswa tersebut setelah tamat sekolah, apakah bekerja, kuliah atau menganggur. Untuk itu proses pendidikan yang diselenggarakan harus mampu mengembangkan potensi anak didik secara optimal sedemikian rupa sehingga mampu meraih nilai akademik yang tinggi disekolah serta memiliki keterampilan kerja yang marketabel (sesuai keinginan pasar) untuk memasuki dunia kerja.
GENERASI EMAS
Mengakhiri sambutannya, Wabup Sergai berharap melalui kegiatan ini akan lahir generasi-generasi emas yang dapat berkiprah pasca lulus dari sekolah, sehingga secara perlahan kita dapat meningkatkan kualitas SDM karena mereka telah mengenal potensinya sehingga dapat menentukan arah sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki, pungkas Darma Wijaya.
Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui jurusan yang tepat serta potensi kecerdasan (IQ). Ada 7 aspek potensi berfikir anak yakni meliputi kemampuan (daya tangkap), analisis masalah, fleksibilitas berfikir, pemecahan masalah, logika verbal, logika numerikal, daya ingat dan konsentrasi.
Kegiatan Psikotes Siswa yang dilaksanakan mulai tanggal 19 s/d 31 Oktober 2016 diikuti 3.486 siswa yang disebar di 18 SMA/SMK Negeri.
Sementara sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan untuk siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sergai pada tanggal 4 s/d 8 Oktober 2016 yang lalu yang diikuti lebih kurang 56.00 siswa dari 32 SMP Negeri Se- Kabupaten Sergai dengan pola pelaksanaan psikotes selama 2-3 jam didalam ruangan kelas.(Aswad)

Print Friendly