Jabatan Kaban Ketahanan Pangan Sumut Dicopot Mendadak

KANALMEDAN – Ada hal yang tidak biasa dalam pelantikan para eselon III dan II di kantor Gubsu, Jumat pekan lalu. Kecuali pergeseran dan rotasi jabatan, nama Suryono diumumkan mendadak diberhentikan dengan hormat sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumut.

Sumber Kanalmedan menyebutkan, Suryono yang barusan pulang menunaikan ibadah haji dikabarkan tidak mengetahui didirinya “dipakir untuk selamanya”. “Kasihan kali, baru pulang haji langsung dicopot,” ujar sumber, yang mengaku sudah menghubungi Suryono.

Pelantikan para pejabat tersebut juga terkesan mendadak dan terburu-buru dalam pelaksanaannya. Informasi jadwal pelantikannya pun tertutup. Meski begitu, Erry Nuradi membantah hal tersebut.

“Bukan terburu-buru dan tertutup. Mungkin karena eselon III ini kan tidak ada lelang jabatan karena jabatan Administasi. Sedangkan eselon II itu hanya melalui uji kompetensi. Jadi tidak ada lelang jabatan. Kecuali jabatan promosi misalnya dari eselon III ke eselon II,” ujar Erry kepada wartawan usai melantik para pejabat.

Erry berharap, para pejabat yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai pelayan publik. Merubah kebiasaan yang kurang baik menjadi lebih baik dan dapat menempatkan diri di barisan depan dalam penegakan peraturan.

Ditegaskannya, hal ini guna terwujudnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki pola sikap dan perilaku yang terpuji, handal, profesional dalam melaksanakan tugas. Memiliki etos kerja yang tinggi, innovasi, kreasi dan motivasi dalam melakukan pekerjaan. Termasuk juga soal pemberian reward dan punishment. Erry menekankan agar pejabat eselon II mengecek kinerja bawahannya yakni eselon III dan begitu juga eselon III mengecek pejabat eselon IV.

“Seperti soal punishment pejabat diatasnya harus mengecek pejabat dibawahnya dan diberi teguran misalnya berulang kali tidak masuk kerja. Begitu juga pejabat di bawahnya jadi semuanya secara berjenjang. Kalau ada teguran sampai dua kali bisa kita nonjobkan,” ujar Erry.

ROMBAK 15 PEJABAT ESELON

Dengan dilantiknya pejabat eselon II dan III ini, tercatat selama Erry menjabat Gubsu sejak 25 Mei 2016 lalu, ia sudah merombak 15 pejabat eselon II dan 75 Pejabat Eselon III. Sebelumnya pada 17 Juni 2016 yang lalu Erry melantik 12 pejabat eselon II dan 21 pejabat eselon III.

Kedepan masih akan ada perombakan pejabat eselon II melalui proses lelang jabatan. Hanya saja terkait lelang jabatan Erry belum dapat memastikan waktu pelaksanaannya. Dengan demikian total yang diganti Erry selama menjabat sebagai Gubsu sudah 90 pejabat. “Belum tau waktunya karena kita juga masih menunggu Perda struktur organisasi yang baru,” ujar Erry.

Adapun Pejabat yang dilantik Erry, yakni Kadis Kominfo Jumsadi Damanik yang bertukar jabatan dengan HM Fitriyus sebagai Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu. Selanjutnya H Muhammad Effendy Pohan yang sebelumnya Kadis Bina Marga Provsu dilantik menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provsu. Selain melantik, Erry juga memberhentikan dengan hormat Suyono dari Jabatannya sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan Provsu.

Sedangkan pejabat eselon III yang dilantik Makrum Rambe diantaranya sebagai kepala bidang Sumber Daya dan Maritim pada Badan Penelitian dan Pengembangan, Parlindungan Pane menjadi Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provsu, Nazli sebagai Sekretaris Dinas Perkebunan Provsu.

Selanjutnya Syahrial Adinda Pulungan sebagai kepala Bidang Produksi Perkebunan pada dinas Perkebunan. Hotman sebagai Kepala Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Abdul Wahid sebagai Sekretaris BPBD, Irman sebagai sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provsu.

M Ismail P. Sinaga sebagai kepala Bidang Perencanaan Sumber Daya Manusia dan Sosial Budaya Bappedasu, Abdul Haris Lubis sebagai Sekretaris Dinas Bina Marga Provsu, Isa Ansyari sebagai Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan pada Dinas Bina Marga, Iswahyudi sebagai kepala bidang pengaturan dan evaluasi pada dinas bina marga, Alfi Syahriza sebagai kepala UPT Perlatan Dinas Bina Marga, Imran dilantik sebagai kepala UPT Bina Marga Sibolga, Ir Hasudungan Siregar MM dilantik sebagai kepala UPT Bina Marga Tarutung.

OK Hendri dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat Provsu dan Sofyan Ahmadi Hutasuhut dilantik sebagai Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat, M Azhar Harahap dilantik sebagai sekretaris Dinas Pertanian Provsu, Sri Ulina Sitepu sebagai Kepala UPT Benih Induk Palawijaya Tanjung Selamat, pada Dinas Pertanian Provsu dan beberapa pejabat eselon III di lingkungan Dinas Pertanian Provsu.

T Ahmad Sofian dilantik sebagai kepala bagian Pembinaan Anggaran kabupaten/Kota pada Biro Keuangan Setdaprovsu, Benjamin Gultom MM dilantik sebagai kepala UPT ASDP Wilayah II Parapat pada Dinas Perhubungan Provsu. Harris Topan SH dilantik menjadi Kepala Bagiann Akuntabilitas Kinerja pada Biro Organisi Sekretariat Daerah Provsu. Pribadi Peranginangin dilantik sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Desa Kelurahan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Provsu.

Selanjutnya Suib Ritonga dilantik sebagai Kepala UPT Medan Utara pada Dinas Pendapatan Provsu. Togar Simatupang dilantik sebagai Kepala UPT Pangururan pada dinas Pendapatan Provsu dan beberapa pejabat Eselon III di lingkungan dinas Pendapatan Provsu. Sedangkan Harianto Butar-Butar, SE MSi dilantik sebagai Kepala Bidang Informasi pada Badan Kepegawaian Daerah Provsu.

Gadis Melani Rusli dilantik sebagai Sekretaris Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provsu yang sebelumnya pejabat eselon IV di Biro Umum Setdaprovsu, Jhon Albertsoan Sinaga dilantik sebagai kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan pada Badan Ketahanan Pangan Provsu, Wardijah dilantik sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Bahan Perpustakaan dan Deposit Daerah pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provsu, serta Mulkan Harahap dilantik sebagai Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provsu. (tim)

 

Print Friendly