Jika Dikelola Jujur, PAD Sumut Bisa Lebih Baik

KANALMEDAN – Anggota komisi C DPRD provinsi sumatera utara, Muhri Fauzi Hafiz, menyebut bahwa potensi pendapatan asli daerah (PAD) provinsi Sumatera Utara sesungguhnya cukup besar. Menurutnya jika dikelola dengan jujur, PAD daerah ini pasti besar dan meningkat penerimaannya setiap tahun anggaran.

“Selama 2 tahun mengikuti perkembangan pendapatan daerah di komisi C DPRD SU ini, Saya berkeyakinan jika dikelola dengan jujur, maka potensi PAD kita akan selalu meningkat pada setiap tahun anggaran,” kata anggota DPRD SU asal fraksi partai Demokrat ini melalui telepon selular, Minggu (18/9).

Muhri Fauzi Hafiz menambahkan, bahwa, prinsip kejujuran adalah kunci bagi keberhasilan peningkatan PAD pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), karena selama ini dirinya menduga bahwa banyak terjadi kebocoran dan selisih penerimaan yang belum dapat dipertanggung-jawabkan.

Salah satunya, seperti perbedaan data jumlah kendaraan bermotor sebesar 299.999 unit yang sempat terungkap beberapa waktu yang lalu, dimana sampai sejauh ini belum juga mampu dibuktikan secara shahih bahwa data itu terjadi akibat human error. Selain itu, masih menurut Muhri Fauzi, soal penetapan pemakaian air permukaan yang masih berdasarkan asumsi pemakaian rata-rata perbulan, juga perlu dievaluasi.

“Kalau pemakaian APU sudah terukur dengan meteran maka fungsi meteran juga perlu dievaluasi rutin. Tidak boleh maen taksir-taksir saja. Bila perlu meteran milik kita ini diuji akurasinya dengan standarisasi yang dapat dipertanggung-jawabkan,” ujar anggota DPRD SU asal daerah pemilihan kota Binjai dan kabupaten Langkat kepada wartawan.

“Tidak ada kata lain, jujur, itu yang bisa saya sampaikan bang. Maka, jika kepala dinas pendapatan yang baru ini, Sarmadan Harahap, tidak memberikan penegasan kepada jajarannya untuk jujur, secara pribadi Saya pun meragukan Pemprovsu bisa bangkit dengan berbagai persoalan yang dihadapi saat ini,” kata Muhri Fauzi mengakhiri. (ton)

 

Print Friendly