Tol Medan Prapat Belum Bisa Dilalui Saat Mudik Lebaran

Tol sumatera

Tol sumateraJAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan dan jembatan di seluruh Indonesia siap dilalui kendaraan pemudik selama momen Lebaran. Sementara jalan tol Trans Sumatera termasuk tol Medan Prapat belum dapat melayani pemudik lantaran masih dalam tahap konstruksi.

“Jalan nasional sudah bisa dilalui pemudik, tapi jalan tol Trans Sumatera termasuk tol Medan Prapat belum bisa difungsikan,” kata Basuki saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Namun demikian, sambungnya, pemudik perlu memperhatikan titik-titik rawan longsor di daerah Kabanjahe, Tarutung-Sibolga, Pekanbaru-Payakumbuh, Bengkulu, dan lokasi lainnya.

“Sedangkan untuk jalan-jalan yang berlubang sebisanya kita tutup sampai dengan H-7,” ucapnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry TZ mengaku, jalan tol Trans Sumatera belum dapat dimanfaatkan pemudik untuk melayani arus mudik Lebaran lantaran masih dalam tahap konstruksi sipil.

“Rata-rata (jalan tol) dalam konstruksi sipil, tanahnya harus dipadatin dulu. Kalau masih ada rumah, dipindahkan (digusur),” paparnya.

Dijelaskan,  terdiri dari 7.961 Km jalan dan 42,70 Km jalan tol di Sumatera, sepanjang 7.164 Km dan 668 Km jalan tol di Jawa-Bali, serta 2.482 Km di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Seluruh pejabat Eselon I dan 2 Kementerian PUPR sebelumnya meninjau langsung ruas jalan di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan. (Jen/lan)

Print Friendly

About The Author

Related posts