Wudhu dapat mencegah dan menghilangkan berbagai penyakit

wuduk

Wudhu merupakan kegiatan bersuci sebelum salat atau ibadah lainnya. Tapi sebagian orang belum mengetahui terdapat banyak manfaat dari berwudhu. Seperti halnya untuk kesehatan.

Dikutip dari buku Rahasia Butiran Air Wudhu: Menurut Al Quran dan As Sunnah, karya Mukhsin Matheer menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit.

Namun, ketika dibersihkan dengan air (terutama air wudhu), bahan kimia itu akan larut. Tak hanya itu, wudhu juga membuat seseorang terlihat tampak muda.

Berbagai penelitan ilmiah telah membuktikan bahwa munculnya penyakit kulit disebabkan oleh rendahnya kebersihan kulit. Pada umumnya, penyakit kulit sering menyerang permukaan kulit yang terbuka dan jarang dibersihkan. Misalnya saja, sela-sela jari tangan, kaki, leher, belakang telinga dan lainnya.

Rasulullah SAW mengatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan senantiasa bercahaya. Rasulullah akan mengenalinya pada hari kiamat karena bekas wudhu.

“Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu,”.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebut wudhu bisa menghilangkan penyakit flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi.

Berdasarkan analisis dari kesehatan hidung yaitu, lubang hidung yang tidak berwudhu memudar dan berminyak terdapat kotoran dan debu pada bagian dalam hidung. Serta permukaannya tampak lengket dan berwarna gelap.

Namun ketika orang yang kerap berwudhu rongga hidungnya tampal cemerlang, bersih dan tidak berdebu. Rasulullah bersabda, “Sempurnakan wudhu, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung) kecuali jika kamu berpuasa,”.

Print Friendly