PWI Sumut Dukung Gotong Royong Kebersihan Danau Toba

Ketua PWI Sumut bertemu Direktur Radio Kardopa (1)MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara (PWI Sumut) mendukung aksi gotong royong “Danau Toba Bersih  Bersama Kardopa” yang akan digelar bersama masyarakat di 5 kabupaten pada tanggal 8, 9 dan 10 Juni 2016 mendatang.

Hal itu dikemukakan Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE didampingi  Direktur Radio Kardopa Group Tiorida Simanjuntak usai melakukan pertemuan di Medan, Selasa (10/5).

Menurut Hermansjah, gotong royong kebersihan yang disertai pembagian keranjang sampah, panggung hiburan, pembagian hadiah luckydraw, dan pemutaran film tentang Danau Toba, sangat positif dan patut didukung  semua pihak untuk menjaga kelestarian danau sebagai destinasi pariwisata dunia.

Menjaga kebersihan Danau Toba, kata Herman, merupakan tanggung jawab bersama terutama masyarakat sekitar dan berbagai pihak yang berkepentingan dengan keberadaan kaldera yang tebentuk sekitar 75 ribu tahun silam itu. “Kalau bukan kita secara bersama-sama yang menjaga, siapa lagi,” ujar Herman.

Karena itu, lanjut Herman, PWI Sumut mengapresiasi positif dan menyampaikan penghargaan atas kegiatan aksi sosial dan gotong royong “Danau Toba Bersih Bersama Kardopa” yang digagas Tiorida Simanjuntak dalam mewarnai 40 tahun kiprah radio yang bersegmentasi kaum perempuan itu.

“Kiranya kegiatan sosial sekaligus edukasi kebersihan bagi segenap masyarakat yang bermukim di pinggiran Danau Toba menjadi aksi berkelanjutan. Tidak hanya dilakukan Radio Kardopa, tapi juga seluruh komponen masyarakat, termasuk perusahaan-perusahaan dan lembaga lainnya yang berkepentingan dengan keberadaan maupun kelestarian Danau Toba,” kata Herman.

Aksi gotong royong “Danau Toba Bersih Bersama Kardopa” ini, lanjut Herman, selain didukung PWI Provinsi Sumut untuk kesuksesannya, juga nantinya di lokasi kegiatan disupport PWI Kabupaten Simalungun dan PWI Kabupaten Bonapasogit.

Sementara, Direktur Radio Kardopa Group Tiorida Simanjuntak menjelaskan, kebijakan pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mendukung upaya itu, katanya, menyambut HUT ke-40 Radio Kardopa pihaknya akan melaksanakan gotong royong kebersihan Danau Toba dengan mengusung tema “Danau Toba Bersih Bersama Kardopa”.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk rasa syukur karena telah berada di tengah-tengah masyarakat menjalankan tugas dan fungsi Pers sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999,” katanya.

Titik-titik kegiatan gotong royong kebersihan di 5 kabupaten sekitar Danau Toba, kata Tiorida, dilaksanakan di Parapat Kabupaten Simalungun 8 Juni 2016 mulai pukul 08.00 WIB, di Simanindo Kabupaten Samosir 8 Juni 2016 mulai pukul 14.00 WIB, di Bakkara Kabupaten Humbang Hasundutan 9 Juni 2016 mulai pukul 08.00 WIB, di Muara Kabupaten Tapanuli Utara 9 Juni 2016 pukul 14.00 WIB, dan di Balige Kabupaten Toba Samosir 10 Juni 2016 mulai pukul 08.00 WIB.

Terkait matinya ribuan ton ikan keramba jaring apung (KJA) di Danau Toba kawasan Haranggaol Kabupaten Simalungun, Tiorida menyatakan prihatin dan mengharapkan petani KJA sabar dan tabah.

“Ini musibah dan peringatan dari Tuhan yang perlu disikapi secara arif oleh semua pihak. Bahwa air, tanah dan udara yang bersih harus selalu kita jaga dari segala bentuk pencemaran. Karena itu, mari kita lestarikan Danau Toba demi kebaikan kita bersama,” imbau Tiorida. (Rel)

Print Friendly