Jangan Biasakan Ini, Bisa Tambah Miskin

pecah

pecahJakarta – Tidak ada orang yang mampu kaya dalam waktu singkat. Semua perlu proses dan tidak dapat dicapai dalam waktu lama. Untuk itu Anda harus benar-benar mengerti bagaimana Anda mengatur pengeluaran bulanan.

Tahukah Anda, bahwa kebiasaan sering menghambat Anda untuk mendapat kekayaan lebih besar. Lalu apa yang harus Anda rubah dari kebiasaan hingga mampu mendulang untung yang besar? Berikut ulasannya seperti dilansir dalam themuse.com, Rabu (2/3/2016):

1. Tidak punya uang untuk keadaan darurat

Idealnya, setiap orang atau keluarga memiliki dana darurat dengan jumlah paling tidak 3 – 6 bulan dari pendapatan atau pengeluaran pokok setiap bulannya.

Namun, dengan adanya inflasi yang terus meninggi dan mengakibatkan bahan-bahan pokok juga melambung, bisa jadi dana ini akan semakin sulit untuk didapatkan.

2. Hanya membayar minimum untuk kartu kredit

Buat pemegang kartu kredit, adanya fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit bisa menguntungkan, tapi juga bisa membuat celaka. Bank menawarkan fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit per bulan bukan tanpa syarat.

Jika kita terlena oleh fasilitas ini dan terbiasa membayar jumlah minimal tagihan yang tertera pada lembar tagihan setiap bulan, bisa-bisa kita terjerat utang berjibun.

Soalnya, bunga yang dikenakan bakal berlipat-lipat, dari bulan ke bulan, bergantung pada nilai transaksi yang belum dilunasi.

3. Mencatat pengeluaran

Penting bagi mama untuk mencatat pengeluaran ntuk mencatat segala pengeluaran, baik pengeluaran besar ataupun kecil.

Tidak hanya pengeluaran-pengeluaran besar, pengeluaran kecil pun sebaiknya tidak luput untuk dicatat. Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui ke mana larinya uang. Dengan begitu, defisit anggaran untuk bulan berikutnya bisa terhindarkan.

4. Tidak punya gambaran jelas tentang pengeluaran

Apabila Anda masih belum mengerti betul mengenai kemana pengeluaran Anda sehari-hari berarti Anda belum paham akan uang yang Anda miliki.

5. Tidak punya rencana untuk bayar utang

Jika Anda memiliki utang maka Anda mungkin juga memiliki keinginan untuk melunasi utang tersebut. Jika Anda benar-benar memiliki keinginan untuk membayar utang-utang Anda, maka hal yang harus benar-benar Anda lakukan adalah mengambil tindakan yang tepat untuk melunasi semuanya.

Setelah melunasi hutang, barulah Anda akan benar-benar bisa menghabiskan hidup dalam keadaan tenang dan bebas utang.

Print Friendly

About The Author

Related posts