Cara Mengelola Toko Online

mengelola-toko-online1

mengelola-toko-online1Mengelola sebuah toko online tidaklah semudah yang tampak sekilas kita memandang. Tetapi bagaimanapun juga, apabila anda pedagang yang cerdas, anda tidak dapat mengabaikan fakta bahwa kita telah memasuki era ecommerce/belanja online, jadi mau tidak mau kita harus menjalaninya.

Apakah anda mengatahui bahwa pada tahun 2016, sebanyak 320 juta dollar akan dibelanjakan di toko online menurut Forrester Research? Pikirkan hal ini! sangat mengagumkan bukan.

Tentunya anda ingin mengalaminya juga kan? masalahnya adalah belanja online telah menjadi sesuatu yang umum. Yaitu, toko online tumbuh pesat bagai jamur yang membuat persaingan semakin ketat. Bahkan desain paling berkualitas dan mahal pun tidak dapat memberikan garansi tingginya tingkat konversi / pendapatan penjualan produk. Selain itu, apabila anda memiliki toko yang sukses, tidak berarti hal yang sama akan terjadi di dunia maya. Belanja online memerlukan beberapa perubahan strategi bisnis, psikologi dan pengertian mendalam dari perbedaan diantara dua jenis dunia (maya dan nyata).

Untuk membuat toko online anda melambung, anda perlu memikirkan detail-detail seperti tersedianya stok produk, meningkatkan traffic kunjungan ke toko online, menciptakan promo-promo baru, merespon konsumen yang tidak puas/kecewa, melatih pegawai/staf dan masih banyak lagi.

Jadi topik bahasan kali ini untuk memberikan tips kongkrit di strategi global bisnis online. Dengan kata lain, untuk membagikan beberapa rahasia bagaimana membuat masyarakat yang tinggal di seluruh dunia akan membeli produk anda dan memberikan contoh bagi beberapa toko online yang dikelola sehingga sukses walaupun melalui berbagai kesulitan yang mereka hadapi dalam mencapai popularitas.

Ikuti beberapa petunjuk dibawah ini dan akan membantu anda memberikan pengalaman istimewa bagi para konsumen, meningkatkan efisiensi bisnis, mengembangkan pasar produk dan meningkatkan penghasilan.

Berikut kita mulai..

Permasalahan harga

Mari kita mulai dengan permasalahan harga yang perlu diketahui oleh setiap pebisnis online.

Saat anda menjual di berbagai pasar secara berkesinambungan, perhatikan harga produk ata layanan di setiap wilayah. Konversi mata uang secara sederhana saja tidak akan berhasil, karena bisa saja produk yang sama akan menjadi lebih mahal di USA dibandingkan di UK. Lakukan modifikasi harga apabila diperlukan.

Meskipun anda memiliki pergantian jenis mata uang di website anda, mengatur harga sesuai mata uang lokal yang kurang dikenal bisa menyebabkan kebingungan bagi calon pembeli dan menakutkan bagi mereka sehingga menyebabkan proses berikutnya jadi terabaikan.

Pikirkan mengenai presentasi harga! Pembulatan angka lebih memudahkan konsumen dan menyederhanakan dalam mengambil keputusan membeli.

Lebih baik menyesuaikan metode pembayaran bagi pembeli dari berbagai negara sesuai dengan sistem pembayaran lokal mereka, atau website anda bisa terlihat mencurigakan bagi konsumen, dan akan menimbulkan keraguan.

Tampilkan pajak pembelian di wilayah konsumen yang mengerti tentang pajak, untuk meningkatkan kenyamanan dan menghilangkan kekuatiran mereka.

Perencanaan bisnis yang akurat

Sukses jarang yang datang secara tiba-tiba. Kebanyakan anda perlu memulainya dengan strategi bisnis yang hebat, mengetahui tujuan dan taktik menjalankannya, kelemahan-kelemahan yang membutuhkan tambahan investasi juga resiko yang akan dihadapi. Fokus pada celah bisnis yang khusus dapat membantu anda memulai serta memberikan terobosan pada bidang-bidang lainnya kedepannya.

Mencoba ‘sepatu’ konsumen

Pelajari konsumen anda, analisa perilaku mereka. Anda harus mengetahui mengapa mereka lebih menyukai anda dibandingkan kompetitor dan apa produk yang betul-betul mereka butuhkan.

Mengontrol penuh atas harga 

Sudah jadi pelajaran umum untuk setiap pengecer untuk membeli dengan harga murah dan menjual dengan harga yang tinggi. Untuk mengaplikasikan hal ini anda dapat melakukan negosiasi, secara berkala mengontrol pasar produsen untuk memperoleh harga yang terbaik, membeli langsung dari produsen dan mempertimbangkan produk-produk yang dapat diberi label sendiri.

Optimalkan toko online dengan SEO

Jangan berhemat untuk SEO (Search Engine Optimization) toko online anda. Cobalah semua strategi marketing yang tersedia (beriklan, SEO, blogging, social media, dan lainnya) untuk membantu calon pembeli lebih mudah menemukan website anda diantara para pesaing lain.

Selalu memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik untuk para konsumen

Perhatikan dengan kritis semua konten dalam website anda, presentasi produk, landing page, promosi, keranjang belanja/shopping cart, proses checkout, layanan online/online support, user interface / tampilan antarmuka, dan lainnya. Apakah mereka benar-benar telah tampil dengan baik, sederhana, interaktif, sesuai selera konsumen dan mudah digunakan? apabila sudah, anda sudah melangkah dengan tepat.

Beberapa rekomendasi spesifik dari point-point diatas

Navigasi yang baik harus dapat menuntun user menjelajah halaman-halaman website dan keseluruhan proses pembelian. Berikut ini perkiraan list dari elemen navigasi yang penting untuk website toko online:

  • Menu utama
  • Navigasi di bagian kiri website
  • Fitur pencarian produk yang mudah dilihat
  • Footer menu dengan menu-menu pelengkap, juga informasi kontak
  • Elemen interaktif yang rapi, seperti warna, garis, tombol yang terlihat identik dan berfungsi dengan baik
  • Sistem breadcrumb sepanjang halaman yang membantu pembeli mengetahui lokasi mereka, dan dapat dengan cepat kembali atau berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya

Form registrasi dengan ukuran besar, kata-kata yang pendek, mudah dimengerti dan jumlah kolom yang minim akan membantu mempermudah pembeli mendaftar.

Produk terkait dan tampilan aksesoris dari produk juga dapat meningkatkan jumlah penjualan.

Review produk yang mendetail, termasuk testimonial dari pembeli lain dan kemungkinan untuk berdiskusi dengan teman di Facebook mengenai item produk, sangat meningkatkan kepercayaan pembeli.

Foto produk/gambar yang berkualitas tinggi serta presentasi produk yang mengagumkan adalah wajib untuk setiap toko online karena orang tidak dapat menyentuh benda yang akan mereka beli, jadi anda harus menciptakan suasana dimana mereka merasa dekat atau merasakan produk yang sedang anda jual.

Ketepatan waktu adalah sesuatu yang didambakan

Jangan mengecewakan harapan dari konsumen. Tepati jadwal pengiriman produk anda. Selain itu selalu minta ke konsumen masukan/feedback atas layanan anda. Komunikasi dapat membantu mengubah dari pembeli biasa menjadi sahabat, membangun hubungan yang ramah dengan konsumen dan komunitas. Tetapi jangan lupa untuk memacu konsumen yang loyal melalui social media, promo, event dan aktifitas online lainnya yang dapat anda gunakan.

Selalu up-to-date

Picu diri anda untuk selalu memperbaiki informasi dalam website anda secara berkala, bulanan, mingguan atau penawaran akhir minggu. Cari berbagai jalan untuk perbaikan, buatlah berbagai percobaan. Taktik ini dapat membantu anda tetap update dan menarik serta membuat konsumen mengunjungi toko anda secara rutin, untuk tidak melewatkan penawaran yang menarik.

Website responsive

Perangkat mobile terus berkembang dan semakin populer. Anda dapat memberikan kenyamanan belanja bagi konsumen anda, mereka dapat lakukan proses pembelian saat menunggu kemacetan di dalam mobil. Menghemat waktu mereka untuk hal-hal yang lebih penting seperti berkomunikasi dengan saudara dan teman. Buat website anda dapat berubah ukuran sesuai resolusi layar dari perangkat yang dimiliki konsumen. (angka ini mungkin akan meyakinkan anda: 81% dari pengguna smartphone mengakses internet melalui perangkat mobile, 59% menjelajah internet melalui handphone mereka saat sedang menunggu).

Kecepatan loading sangat penting

Tidak peduli seberapapun bagusnya website anda, user akan meninggalkannya apabila terlalu lambat. Pikirkan angka ini : setiap tambahan 2 detik untuk waktu loading akan meningkatkan 8% kemungkinan user meninggalkan website anda.

Trend website sangatlah berubah-ubah

Trend website sangatlah berubah-ubah sehingga hampir pasti tidak mungkin kita dapat menurutinya. Jadi jangan rubah bisnis online anda menjadi pengejaran tanpa henti untuk sesuatu yang sulit dipahami, lebih baik konsentrasi pada hal-hal penting. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua teknik inovatif bisa cocok dengan bisnis anda. Hal ini sangat individu, terkadang malah membuat website anda menjadi janggal.

Platform ecommerce yang cocok

Pilihan sistem yang tepat untuk toko online anda mungkin memberikan tantangan tersendiri sebab anda tidak dapat dengan mudah mengambil satu yang dapat cocok bagi orang lain.

Berikut fitur yang perlu diperhatikan saat ini : besar bisnis anda, kemampuan website development anda, kemudahan perawatan website, kesempatan untuk berkembang di masa depan, plugin dan extension yang tersedia, dan banyak faktor lainnya.

Produk yang unik membuat kesuksesan bisnis

Ya, sesederhana itu: tawarkan kepada konsumen anda produk yang unik atau layanan dengan harga yang sangat kompetitif dan nikmati hasilnya.

Buat survei

Gunakan data dan perangkat analisa untuk memahami dan melacak distribusi dari keuntungan pesanan anda. Juga seimbangkan pemasaran anda, pengiriman dan biaya promosi untuk memaksimalkan konversi dan keuntungan dalam waktu bersamaan.

Gunakan pengelompokan lebih lengkap

Sertakan berbagai filter/pengelompokan dan pencarian berdasarkan merk, warna, ukuran, harga, dan lainnya untuk mempercepat konsumen menemukan produk yang diinginkan dan menghemat waktu dan upaya mereka berbelanja di toko anda.

Tampilkan sebanyak mungkin produk dalam satu halaman

Dari contoh berbagai toko online yang memiliki keuntungan maksimal, anda perlu menempatkan pilihan untuk menampilkan semua produk dalam 1 halaman, tetapi tentunya apabila anda tidak memiliki jumlah produk yang sangat banyak dalam satu kategori.

Berapa banyak potongan harga untuk saya?

Ini adalah trik cerdas untuk menampilkan tidak hanya harga diskon, tetapi jumlah tepat dari diskon. Selalu menyenangkan mengetahui berapa jumlah potongan harga yang telah kita peroleh.

Zoom/pembesaran sebanyak mungkin

Tampilkan produk anda dengan zoom/pembesaran yang baik. Ini akan membantu pembeli untuk memeriksa bagian terkecil untuk mencegah kekecewaan setelah menerima barang.

Apakah masih ada item barang yang saya inginkan?

Anda tentu setuju bahwa sangatlah menjengkelkan saat mengetahui tidak ada stok barang tersisa ketika anda melakukan proses pembelian. Hargai perasaan konsumen, berikan informasi/peringatan mengenai ketersediaan stok barang sebelum mereka melangkah lebih lanjut.

Jangan sembunyikan informasi pengiriman

Sebagian besar konsumen acuh terhadap informasi syarat dan ketentuan dari pilihan pengiriman. Jadi usahakan menempatkan link pada halaman yang relevan dengan penempatan di bagian bawah, dimana mereka membutuhkannya sewaktu-waktu.

Dapatkan komisi dari mengarahkan ke pengecer lain

Apabila anda tidak dapat mengirim produk dikarenakan sesuatu alasan, lebih baik mengarahkan konsumen anda kepada toko yang bisa bekerjasama dengan anda. Dengan cara ini anda mendapat komisi dari pembelian produk serta kepuasan dari konsumen. Anggap ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan betapa anda peduli terhadap klien anda.

Berikan informasi kepada konsumen melalui email

Ketika anda memesan sesuatu melalui internet, anda ingin memastikan status pesanan anda. Jadi tenangkan konsumen anda dengan email dan konfirmasi, dan mereka akan membalasnya dengan memberikan kesetiaan.

Print Friendly

About The Author

Related posts