Cara Memulai Sebuah Toko Online

tokoDi zaman teknologi ini, memiliki bisnis online sangatlah penting untuk menunjang kemajuan usahanya. Bagi yang sudah memiliki produk untuk dipasarkan namun bingung dengan metode pemasarannya, memulai usaha toko online merupakan solusi jitu.

Namun  bagi para pemula, tentunya masih bingung bagaimana cara memulai membangun toko online agar menarik para calon pembeli. Meskipun memulai usaha toko online terlihat mudah, namun ada beberapa poin penting yang harus anda perhatikan agar toko online anda mampu bersaing dengan toko-toko online lain yang sudah banyak bertebaran di dunia maya.

Beberapa poin penting dibawah ini wajib anda perhatikan jika ingin sukses memmulai bisnis melalui toko online :
1. Tentukan Produk
Sebagai contoh mungkin anda bisa melihat-lihat jenis produk dan jasa yang sudah lebih dijual atau ditawarkan di internet. Contohnya saja produk fashion, aksesories, kosmetik, obat-obatan herbal, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih produk apa yang ingin anda jual dan menampilkannya semenarik mungkin dalam halaman toko online anda.

2. Cari Agen Terpercaya
Agar tidak mengecewakan konsumen di kemudian hari, carilah agen atau pemasok produk yang bisa dipercaya dan konsisten. Karena ketersediaan produk merupakan salah satu faktor kepercayaan pelanggan pada toko online kita.

3. Pilih Tata Cara Pengiriman
Dalam mengelola toko online, faktor terpenting lainnya adalah dengan memilih jasa pengiriman yang benar-benar terpercaya dan bonafid. Waktu pengiriman dan kualitas produk setelah melalui  pengiriman sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen kepada toko kita.

4. Tentukan Cara Pembayaran
Biasanya dalam toko online sistem pembayaran bisa melalui dua jalan, yaitu melalui bank offline seperti BCA, Mandiri, dll atau melalui Bank online seperti PayPal atau sejenisnya. Tinggal bagaimana anda memilih yang paling nyaman untuk toko online dan pelanggan anda.

5. Pilih Sarana Media Online
Untuk membuat toko online, anda bisa memilih melalui beberapa media online yang tersedia. Misalnya melalui blog, website, sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Keunggulan yang diperoleh pun bermacam-macam. Jika dengan menggunakan sosial media, biasanya relatif lebih murah karena tidak perlu membayra domain atau hosting.

Print Friendly